Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Minta Nurul Arifin Cari Pasangan Dulu

Kompas.com - 05/11/2017, 10:03 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diminta Partai Golkar untuk mendukung Nurul Arifin di Pilkada Kota Bandung 2018.

Hal itu jadi kontrak politik setelah Golkar memberikan 17 kursi legislatif untuk mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018.

Ridwan Kamil tak menampik soal permintaan Golkar tersebut. Namun, ia meminta Nurul Arifin segera mencari pendamping terlebih dahulu.

"Sekarang harus ada kepastian dulu, berbentuk pasangan. Saya tidak bisa ke individu-individu, sebelum individu itu berpasangan," kata Emil, sapaan akrabnya, Sabtu (4/11/2017) kemarin.

(Baca juga : Kata Nurul, Ridwan Kamil Komitmen Dukung Dirinya di Pilkada Kota Bandung)

Emil menilai, idealnya koalisi partai di Pilkada Kota Bandung senada dengan koalisi di Jawa Barat. Untuk mempermudah proses sosialisasi selama masa kampanye.

"Idealnya adalah partai koalisi di atas satu irama satu koalisi di Bandung juga. Nah, artinya pasangan Mbak Nurul harus ketemu dulu, baru di situ saya akan memberikan upaya rekomendasi saya pribadi," ungkap Emil.

Menanggapi permintaan Emil, Nurul Arifin mengaku akan segera melakukan penjajakan dengan partai koalisi di Jabar agar mau kembali bekerja sama di Kota Bandung.

(Baca juga : Tak Dukung Dedi Mulyadi, Idrus Sebut Golkar Ingin Menang Pilkada Jabar

"Bandung ini polanya sudah dapat. Cuma sekarang ada desain baru, yang kami mencoba membayangkan seandainya koalisi Jawa Barat itu sama dengan koalisi kota, supaya memudahkan untuk nanti kampanye dan kerja sama ke depan," kata Nurul.

"Tandem akan jadi sangat mudah kalau bentuk koalisinya sama. Jadi artinya tidak ada yang kemudian merasa terbebani seandainya saya dengan koalisi partai lain begitu," tambah dia.

Setelah itu, lanjut Nurul, ia akan mencari pendamping. Sebab, kata Nurul, Partai Golkar berencana menggelar deklarasi pencalonan kepala daerah secara serentak.

"Cita-citanya seperti itu, dari partai itu inginnya bareng lah semua deklarasi para calon kepala daerah di Jabar yang kurang lebih ada 17," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com