Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Dharma Kencana II Terbakar, Bangkai Kapal Akan Dievakuasi

Kompas.com - 30/10/2017, 22:11 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com - Bangkai Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II yang terbakar di perairan Karimun Jawa akan segera dipindahkan ke pelabuhan terdekat, supaya tidak mengganggu alur pelayaran di sekitar perairan tersebut.

"Informasi dari KSOP Semarang bahwa bangkai kapal yang tersisa di perairan Karimun Jawa akan segera dievakuasi ke pelabuhan terdekat agar tidak mengganggu alur pelayaran," kata Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adi Nugroho dihubungi Kompas.com, Senin (30/10/2017) malam,

Menurut dia, sesuai hasil koordinasi dengan Kasubdit Gakkum Ditpolair  Polda Jateng,untuk sementara proses penyelidikan penyebab kebakaran diambil alih oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang serta tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Yang mana jika ada unsur pidana akan segera berkoordinasi dengan pihak Ditpolairud Jateng beserta jajaran Kamla," ucapnya.

Baca juga: Bola Cahaya Terlihat di Langit Siberia, Benarkah Kapal Alien?

Seperti diberitakan, kapal yang mengangkut ratusan penumpang serta puluhan kendaraan berbagai jenis itu terbakar di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017) pagi pukul 04.00 WIB. Kapal diberangkatkan pada Sabtu (28/10/2017) petang pukul 17.00 WIB dari Semarang dengan tujuan Pontianak.

"Berdasarkan info dari Satpolairud Kumai, seluruh penumpang selamat. Kondisinya sehat dan ada yang luka-luka," tambah Yudianto.

Kompas TV Penumpang akan dievakuasi menuju Kumai, Kalimantan Tengah.  
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com