Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Dharma Kencana II Terbakar, Perusahaan Sebut Kapal Laik Operasi

Kompas.com - 30/10/2017, 21:37 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com - PT Dharma Lautan Utama, perusahaan pemilik Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II, menyatakan bahwa kondisi kapal yang terbakar di perairan Karimun Jawa itu, sangat laik untuk beroperasi dengan mempertimbangkan keselamatan transportasi.

"Perbaikan serta pengecekan rutin kami lakukan setiap hari. Untuk perawatan besar tahunan juga rutin kami lakukan. Saat berangkat tentunya kondisinya sangat baik. Saat ini kami masih menunggu hasil penyelidikan dari KSOP dan KNKT," kata  Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama, Erwin H Poedjono, saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/10/2017) malam.

Seperti diberitakan,  kapal yang mengangkut ratusan orang serta puluhan kendaraan berbagai jenis itu terbakar di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017) pagi pukul 04.00 WIB. Kapal diberangkatkan pada Sabtu (28/10/2017) petang pukul 17.00 WIB dari Semarang dengan tujuan Pontianak.

Akibat kebakaran tersebut, Erwin mengatakan, kondisi kapal yang memiliki panjang 83 meter itu ludes terbakar termasuk 46 unit kendaraan yang dimuatnya. 46 unit kendaraan tersebut di antaranya 20 unit kendaraan golongan II, 8 unit kendaraan golongan III, 1 unit kendaraan golongan IV dan 17 unit kendaraan golongan V.

Baca juga : Menteri Susi Tenggelamkan 33 Kapal Tanpa Diledakkan, Ini Alasannya

"Kapal seisinya ludes terbakar, sebagian tenggelam dan mengapung. Seluruh penumpang selamat dan dievakuasi ke Pelabuhan Kumai," ucapnya.

Untuk para penumpang, lanjut dia, pihaknya memberikan santunan. "Sedangkan yang mengalami kerugian kami berikan asuransi perusahaan," ujar Erwin.

Sementara itu PT Jasa Raharja Jateng yang berkoordinasi dengan PT Dharma Lautan masih melakukan pendataan terhadap para penumpang yang nantinya tercatat menderita luka-luka.

"Untuk yang luka-luka ada jaminan maksimal Rp 20 juta," kata Kepala Cabang PT Jasa Raharja Jateng, Harwan Muldidarmawan.

Baca juga: "Enggak Ada yang Bisa Dibawa, Hanya Badan Saja..."

Kompas TV KM Dharma Kencana II ditumpangi 137 dewasa, empat anak, dan dua bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com