Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tronton Mogok di Perlintasan, PT KAI Rugi Rp 808 Juta

Kompas.com - 19/10/2017, 11:49 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Akibat truk tronton pembawa crane yang mogok di perlintasan Pasirbungur, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (15/10/2017) lalu,  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mengalami kerugian sekitar Rp 808 juta.

Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, kerugian itu antara lain karena pembiayaan service recovery Rp 546 juta terdiri dari 23.269 item makanan dan minuman. Kemudian pengembalian bea pnp sebesar Rp 150.225.500 serta tambahan penggunaan BBM Rp 100.614.209 untuk total 27 kereta api termasuk genset dan bahan bakarnya 22.467 liter.

"Kami masih mengumpulkan data dulu untuk mengajukan klaim kepada yang bertanggung jawab atas mogoknya truk tersebut, termasuk berkoordinasi dengan manajemen di tingkat pusat," kata  dia di Cirebon, Kamis (19/10/2017).

Kris mengatakan, selama truk mogok di perlintasan, terdapat 21 kereta api terlambat. "Kami masih mengumpulkan data mengenai siapa yang seharusnya bertanggungjawab atas mogoknya truk tronton," tuturnya.

Baca juga: Istri yang Ditabrak Suami dengan Tronton Sempat Terseret 15 Meter

"Nantinya kalau klaim kami tidak ditanggapi, ya kami bisa menempuh jalur hukum ke ranah pengadilan," tambah dia.

Menurut dia, jalan yang dilalui tersebut bukan tidak sesuai peruntukannya bagi truk tronton yang tonasenya besar. "Kalau masalah jalan yang dikaitkan karena truk mogok saya rasa tidak juga karena plat jalan menurut kami bukan peruntukkan truk yang melebihi tonase," kata dia.

Kompas TV Dalam beberapa bulan, sudah puluhan warga jadi korban kecelakaan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com