Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Positif Partai Hanura Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar

Kompas.com - 18/10/2017, 17:24 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Hanura memberikan sinyal positif kepada bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilkada Jabar 2018

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Jawa Barat Egi Hergiana mengatakan, Ridwan Kamil memiliki modal elektabilitas dan popularitas yang menjadi bahan pertimbangan utama Partai Hanura untuk memenangkan Pilkada Jawa Barat 2018.

“Dari segi keterpilihan, Ridwan Kamil sangat menjanjikan untuk memenangi Pilgub Jabar. Kami tentu melihat dari respons masyarakat, nama Ridwan Kamil cukup disukai di banyak daerah di Jawa Barat,” kata Egi di Bandung, Rabu (18/10/2017).

Terkait pernyataan Ketua DPD Partai Hanura Jawa Barat Aceng Fikri yang ingin berpasangan dengan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi, Egi mengungkapkan, keinginan Aceng Fikri bertolak belakang dengan keinginan kader.

(Baca juga: PPP Bikin Poros Baru, Ridwan Kamil Akan Kunjungi DPP untuk Klarifikasi)

“Mereka yang di daerah-daerah (kader Partai Hanura kabupaten dan kota) menanyakan sejauh mana kemungkinan DPD Partai Hanura Jawa Barat bisa mengusung tokoh yang sedang populer sebagai calon kuat gubernur. Terlebih memiliki elektabilitas yang hampir tak tergoyahkan, seperti Kang Emil (Ridwan Kamil),” jelasnya.

Lebih lanjut Egi menjelaskan, dalam pembicaraan dengan sejumlah kader Partai Hanura kabupaten dan kota di Jawa Barat, mereka telah menakar sejumlah nama tokoh.

Nama yang wajib diusung Partai Hanura adalah tokoh yang berpotensi mengangkat potensi daerah. Dengan demikian kemajuannya tidak hanya dirasakan Kota Bandung atau wilayah Jawa Barat yang ada di area penyangga Provinsi DKI Jakarta.

“Tentu aspirasi kader di daerah ini yang menitipkan kepada kami di DPD Partai Hanura Jabar, agar menetapkan calon gubernur yang jauh dari masalah hukum, populer, gaya kepemimpinan yang masuk ke semua kalangan, dan cakap dalam mengelola pemerintahan,” bebernya.

(Baca juga: PKB Bakal Deklarasikan Dukungan pada Ridwan Kamil di Purwakarta)

Di luar masukan para kader Partai Hanura di Jawa Barat, Egi juga melihat perkembangan respons publik Jabar pada Ridwan Kamil semakin baik.

Pemberitaan dan publikasi Emil tentang program-program Pemerintahan Kota Bandung membuat iri warga daerah lain di Jawa Barat dan berharap kemajuan yang sama terjadi di daerah mereka.

“Kita semua bisa lihat bagaimana reaksi warga saat mendapat taman baru yang modern, fungsi ruang terbuka yang maksimal, belum lagi program kerakyatan seperti Layad Rawat yang jemput bola layanan kesehatan. Respons di media sosial kan banyak warga (Jawa Barat) yang kabita (iri)," ungkapnya.

Egi merasa, pilihan untuk memberikan dukungan kepada Ridwan Kamil adalah tepat. Pasalnya, itu sesuai dengan aspirasi kader Hanura dan warga Jawa Barat.

Menurut dia, mayorits kader Partai Hanura Jabar berharap ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang mau mempertimbangkan Ridwan Kamil sebagai calon kuat gubernur Jawa Barat demi kebesaran Partai Hanura di Jawa Barat.

“Aspirasi ini tentu kami terima, dan akan segera saya sampaikan kepada ketua umum,” tandasnya.

Kompas TV Survei Elektabilitas Jelang Pilkada Jabar 2018


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com