Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Fungsional Pandaan-Malang Beroperasi Lebaran 2018

Kompas.com - 18/09/2017, 16:53 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Jalan Tol Pandaan-Malang dipastikan bisa dilalui dua jalur saat angkutan lebaran 2018. Namun begitu, statusnya masih fungsional.

"Sesuai target Gubernur Jatim, Tol Pandaan-Malang harus bisa dilalui saat angkutan lebaran tahun depan, meski berstatus fungsional," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi, Senin (18/9/2017).

Jalan tol sepanjang 38,48 kilometer tersebut sesuai targetnya tuntas pada akhir 2018, dan resmi dioperasikan pada 2019.

"Lebaran tahun depan, Tol Rembang-Pasuruan sepanjang 6,60 kilometer dan Kertosono-Wilangan sepanjang 38,84 kilometer juga ditarget beroperasi fungsional," jelasnya.

(Baca juga: Masalah di Gerbang Tol, Mesin Rusak sampai Bingung Bayar)

 

Tol Pandaan-Malang, sambung Gatot, akan sangat membantu jika sudah dioperasikan. Mengingat jalur Pandaan-Malang merupakan jalur dengan tingkat lalu lintas harian rata-rata (LHR) melebihi kapasitas jalan.

Jalur Surabaya menuju Pandaan sendiri saat ini sudah dilayani tol. "Sebagai tujuan wisata di Jawa Timur, Kawasan Malang Raya harus dilayani tol," ucapnya.

Pada angkutan Lebaran Juni lalu, sudah ada tiga ruas tol fungsional yang dibuka. Ketiganya yakni Gempol–Rembang sepanjang 13,9 kilometer, Surabaya–Kertosono 80 kilometer, dan Tol Wilangan-Caruban 18 kilometer.

Tiga ruas tol fungsional itu disebut berhasil mengurai kemacetan saat angkutan lebaran tahun ini di Jawa Timur. 

Kompas TV Mulai pukul 00.00 WIB, Jumat (8/9), tarif Tol Jagorawi jauh dekat diseragamkan menjadi Rp 6.500,00.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com