Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distributor Resmi yang Jual PCC di Makassar Diperiksa

Kompas.com - 18/09/2017, 12:14 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menerjunkan Satgas Pengawas Penyalahgunaan Obat (PPO) untuk menyelidiki kasus Pedagang Besar Farmasi (PBF) PT Sehat Sejahtera yang memperjualbelikan 29.000 paracetamol caffeine carisoprodol (PCC) di Makassar.

Satgas PPO yang berjumlah tiga orang ini langsung berkoordinasi dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sulsel, Senin (18/9/2017), ketika tiba di Makassar dari Jakarta.

Selanjutnya, BPOM RI mendatangi PBF PT Sehat Sejahtera di Jl Korban 40.000 Jiwa, Makassar, untuk mendalami temuan 29.000 butir pil PCC di distributor resmi tersebut.

Kepala BBPOM Sulsel, Muhamad Guntur, mengatakan bahwa ketiga orang dari BPOM RI tersebut datang untuk membantu BBPOM Sulsel mendalami asal muasal pil PCC itu.

“Tadinya kami mau panggil pemilik PBF SS, tapi kebetulan ada orang dari pusat. Jadi kami sekalian ke sana (PBF SS) melakukan penyidikan dan melakukan pemeriksaan terhadap PBF SS. Nanti dicari sumber pengadaannya dari mana? Apakah benar pil PCC itu dari Jakarta? Kalau benar dari Jakarta sebelah mana? Apakah benar hanya di Jakarta?," katanya.

(Baca juga: Perempuan yang Mabuk Tertangkap Edarkan 300 Butir PCC di Makassar)

Guntur menambahkan, pada tahun 2016 lalu juga ditemukan kasus peredaran obat PCC. Setelah ditelusuri, obat PCC itu diproduksi di pabrik di Tangerang, Banten.

"Tahun lalu itu didapat pabriknya dan langsung ditutup pabriknya di Tangerang. Kalau yang sekarang ini kami belum tahu, apalagi alamatnya di Pasar Pramuka, Jakarta. Kalau ini tempat, pasar biasa dan kami tidak tahu persis," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, BBPOM Sulsel menyita 29.000 butir pil paracetamol caffeine carisoprodol (PCC) di Makassar, Jumat (15/9/2017) sore. 29.000 butir pil PCC itu hendak dikirim ke Papua, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat.

Obat keras yang telah dicabut izin edarnya ini pada tahun 2013 lalu disita dari distributor resmi atau Pedagang Besar Farmasi (PBF) PT Sehat Sejahtera di Jl Korban 40.000 Jiwa, Makassar.

 

 

Kompas TV Badan Pengawas Obat dan Makanan, Sulawesi Selatan menyita 29.000 butir obat PCC.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com