Indonesia Jadi Tuan Rumah Festival Kaligrafi Se-ASEAN - Kompas.com

Indonesia Jadi Tuan Rumah Festival Kaligrafi Se-ASEAN

Reni Susanti
Kompas.com - 17/09/2017, 13:21 WIB
Pengunjung mengamati arsip yang ditampilkan dalam Pameran Arsip Istiqlal, Kaligrafi, dan Mushaf Al Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (25/2/2017). Pameran Merayakan Milad Istiqlal ke 39 dengan tema Istiqlal, Keislaman, dan Keindonesiaan yang menampilkan arsip-arsip sejarah Masjid Istiqlal serta berbagai benda-benda keislaman lainnya berlangsung hingga 27 Februari 2017.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung mengamati arsip yang ditampilkan dalam Pameran Arsip Istiqlal, Kaligrafi, dan Mushaf Al Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (25/2/2017). Pameran Merayakan Milad Istiqlal ke 39 dengan tema Istiqlal, Keislaman, dan Keindonesiaan yang menampilkan arsip-arsip sejarah Masjid Istiqlal serta berbagai benda-benda keislaman lainnya berlangsung hingga 27 Februari 2017.

JOMBANG, KOMPAS.com - Indonesia menjadi tuan rumah Festival Kaligrafi se-ASEAN. Festival yang pertama kali digelar di ASEAN ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2017 yang digelar di Jombang.

Ketua Panitia Peringatan HSN 2017, Ahmad Atho'illah mengatakan, sebanyak 120 peserta lomba kaligrafi datang dari berbagai negara ASEAN dan negara Timur Tengah. Mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, Maroko, China, Arab Saudi, hingga Turki.

"Lomba dan festival kaligrafi se-ASEAN yang pertama kali di ASEAN. Kami ingin mengenalkan kreasi kaligrafi. Salah satunya Indonesia mempunyai banyak sekali kreasi," ujar Ahmad dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (17/9/2017).

Atho'ilah menjelaskan, Festival Kaligrafi ini diikuti 92 karya kaligrafer ternama di Indonesia dan Timur Tengah.

"Harapannya Indonesia menjadi pusat kaligrafi Arab di ASEAN dengan menunjukkan karya kaligrafer lokal," tuturnya.

(Baca juga: Seni Kaligrafi Karya Napi Terorisme Poso Terkenal Hingga Australia)

Karya para kaligrafer tersebut akan dipamerkan mulai Minggu (17/9/2017). Rangkaian kegiatan ini dihadiri Direktur General IRCICA Turki Dr Halit Eren, Ketua Asosiasi Kaligrafer Saudi Dr Abdullah Abdu Futiny, dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

PenulisReni Susanti
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM