Warga Tertipu Puluhan Juta Rupiah oleh Penelepon yang Mengaku Pejabat Polisi - Kompas.com

Warga Tertipu Puluhan Juta Rupiah oleh Penelepon yang Mengaku Pejabat Polisi

Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
Kompas.com - 14/09/2017, 05:55 WIB
Ilustrasi penipuanFoter.com Ilustrasi penipuan

GORONTALO, KOMPAS.com - Suryati (54), warga Dutulanaa, Limboto, menjadi korban penipuan seseorang yang mencatut nama pejabat Polda Gorontalo.

Ibu rumah tangga ini tertipu Rp 15 juta setelah menerima telepon dari seseorang yang mengatasnamakan Komisaris Besar (Kombes) Nanang, kepala Biro SDM Polda Gorontalo.

Orang yang mengaku bernama Kombes Nanang ini mengatakan bahwa anaknya, Suryati masih bisa menjadi polisi karena ada penambahan kuota. Pria ini kemudian meminta transfer uang Rp 15 juta.

Nasib naas juga dialami oleh Agus (49), warga Tumbihe Kabupaten Bone Bolango.  Ia mengaku mendapat telepon dari seseorang yang mengaku AKP Omizon, kapolsek Kabila dan ingin meminjam uang Rp 35 juta untuk pengadaan mobil dinas. Agus pun kemudian terhipnotis dan mentransfer uang yang diminta.

“Dalam 2 hari kami mendapat laporan penipuan yang mengatasnamakan pejabat kepolisan,” kata AKBP Yan Rambiko, kepala SPKT Polda Gorontalo, Rabu (13/9/2017).

Baca juga: Polisi Belum Tetapkan Tersangka dalam Kasus Dugaan Penipuan Investasi Yusuf Mansur

Kasus penipuan dengan mencatut nama pejabat kepolisian mulai marak di Gorontalo. Yan Rumbiko meminta warga untuk waspada terhadap aksi kejahatan.

Atas kasus ini, Polda Gorontalo sedang memburu pelaku kejahatan yang telah mencoreng nama kepolisian.

“Jangan mudah kena tipu daya, apalagi meminta uang mengatasnamakan kepolisian,” kata Wahyu Tri Cahyono, kabid Humas Polda Gorontalo.

Baca juga: Penipuan "Online", Seorang Guru Honorer Ditangkap Polisi

Kompas TV Polisi Tangkap 2 Tersangka Penipuan Umrah Murah di Makassar

PenulisKontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM