Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Lhokseumawe Siap Dilebur Menjadi Kabupaten Lhokseumawe Malaka

Kompas.com - 10/09/2017, 22:25 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya menawarkan perubahan status dari pemerintah kota menjadi pemerintah kabupaten dengan nama Kabupaten Lhokseumawe Malaka.

Hal itu diungkapkan Suaidi saat bertemu dengan panitia pendirian Kabupaten Aceh Malaka yang dimekarkan dari Kabupaten Aceh Utara.

“Kalau pilihannya Kabupaten Lhokseumawe Malaka itu lebih memungkinkan, artinya peleburan Pemkot Lhokseumawe menjadi Pemkab Lhokseumawe Malaka lebih realitstis secara geografis,” kata Suaidi, Minggu (10/9/2017) di Taufik Coffe 2, Lhokseumawe.

Dia menyebutkan, dirinya siap membantu perubahan status daerah tersebut. Selain itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI lebih menyetujui upaya penggabungan wilayah daripada pemekaran wilayah.

Baca juga: Ribuan Orang Saksikan Eksekusi 3 Terhukum Cambuk di Lhokseumawe

“Pak Tjahjo Kumolo pernah bilang kalau peleburan dua wilayah itu lebih diakomodir oleh kementerian daripada pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru,” terang Suaidi.

Sementara itu, juru bicara Aceh Malaka, Tajuddin menyebutkan dirinya akan menawarkan opsi itu pada panitia pemekaran lainnya.

“Opsi ini tentu akan didiskusikan dengan panitia lainnya,” pungkasnya.

Kompas TV Pelaku pembakaran gedung rektorat dan administrasi Universitas Malikussaleh telah menyerahkan diri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com