Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Siswi Asal Bandung Raih Medali di Olimpiade Sains di Iran

Kompas.com - 14/08/2017, 14:25 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Tiga siswi bernama Balqisy Rahmania, Juanita Kintan Paramavidya, dan Salma Alfiyah, meraih prestasi di Olimpiade Sains dan Matematika Global, 10th International Scientific League of PAYA di Universitas Abbas Pour dan Universitas Syahid Behesyti, Iran, 10-11 Agustus 2017.

Dua medali perunggu untuk performa individual diraih Balqisy Rahmania dan Juanita Kintan Paramavidya. Sementara satu penghargaan mention with honour atas nama Salma Alfiyah.

Dalam rilis yang diterima, Senin (14/8/2017), ketiganya berhasil menyisihkan peserta lainnya yang berasal dari Afghanistan, Inggris, Tanzania, Iraq, Suriah, India, Pakistan, dan Turki.

Guru pembimbing mereka, Feliticia Rakhmat, mengatakan, kemenangan ini membanggakan dan mengharukan karena tim tersebut menjadi tim perempuan dari Indonesia yang pertama meraih medali.

"Kami bersyukur, Alhamdulillah. Ini karunia. Sebuah perjalanan yang menyenangkan. Tak menyangka juga (bisa dapat). Kalau persiapan lebih awal, mungkin bisa lebih baik," katanya.

(Baca juga: Tak Ada Dana untuk Ikut Olimpiade Matematika, Fabian Curhat ke Jokowi)

Juanita Kintan Paramavidya, pemenang medali, meyakini prestasinya akan lebih baik jika persiapan lebih awal.

Penghargaan ini mengulang prestasi pada 2015 lalu, ketika dua siswa sekolah tersebut memperoleh medali perak kategori Ilmu Matematika dalam 8th International Scientific League of PAYA di Iran, 29-30 Juli 2015.

Kepala Sekolah SMA Muthahhari Bandung Miftah Fauzi Rakhmat bersyukur bisa meraih prestasi prestisius tersebut.

“Alhamdulillah, kembali menorehkan prestasi, mengharumkan nama bangsa. Semoga jadi kado sederhana anak-anak SMA Plus Muthahhari bagi ulang tahun kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Tribun Jabar, Senin (14/8/2017), dengan judul: 3 Siswi SMA di Bandung Ini jadi Tim Perempuan Pertama Indonesia Raih Medali Olimpiade Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com