Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Dana untuk Ikut Olimpiade Matematika, Fabian Curhat ke Jokowi

Kompas.com - 27/07/2017, 06:04 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Video curhat Fabian Rifial Azmi (9), siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kresna Dolopo, Kabupaten Madiun kepada Presiden RI, Jokowi viral di media sosial dalam 21 jam.

Video itu mengisahkan Fabian yang ingin mengikuti lomba matematika tingkat Internasional di Singapura. Namun keinginannya tersandung persoalan biaya.

Video ini menyedot perhatian ratusan ribu nitizen di media sosial sejak video curhat itu diunggah pemilik akun instagram @neira_fatma. Unggahan tu kemudian di-repost oleh akun instagram @infia_fact pada Selasa (25/7/2017).

Pantuan Kompas.Com, hingga Rabu (26/7/2017) sore, jumlah netizen yang menonton curhatan Fabian kepada Presiden Jokowi sudah lebih dari 180.000.

(Baca juga: Tahun Ajaran Baru, Siapkan Cara ?Kekinian? untuk Bantu Anak Raih Prestasi)

 

Video berdurasi 46 detik itu diunggah ibu kandung Fabian, Neira Fatmah, warga Kelurahan Mlilir, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Isinya menggambarkan curahan hati Fabian yang niaknya mengikuti olimpiade Matematika tingkat internasional gagal karena faktor biaya.

Untuk meyakinan Presiden Jokowi, dalam videonya Jokowi menunjukkan beberapa prestasi yang diperoleh dari berbagai ajang lomba matematika tingkat nasional.

Sebagai bukti, berbagai medali dan piala hasil menang lomba kompetisi matematika diperlihatkan dalam video tersebut. Berbagai kemenangan itu pula yang membuatnya tertantang mengikuti kompetisi Matematika lingkup internasional, namun terkendala biaya.

"Saya juara matematika nasional. Saya berkesempatan mengikuti olimpiade matematika tingkat internasional. Tapi tidak ada biaya. Tolong bantu saya Pak Jokowi," kata Fabian dalam curahatannya.

Rupanya curhatan Fabian mendapatkan banyak tanggapan positif dari netizen. Para netizen berharap Presiden Jokowi mau membantu mewujudkan cita-cita putra pasangan Farid Sulistio (56) dan Neira Fatmah (43).

Video Viral

Fabian yang ditemui di sekolahnya, Rabu (26/7/2017), membenarkan sosok di video viral itu adalah dirinya. Video itu direkam ibu kandungnya, Neira Fatmah (43) seusai pulang sekolah, Selasa (25/7/2017).

Menurut Fabian, kesempatan mengikuti olimpiade Matematika internasional di Singapura terjadi pada tahun 2016. Lantaran terkendala biaya, penggemar berat catur itu gagal berangkat.

"Sebenarnya setelah saya meraih medali emas pada perlombaan tingkat nasional di Bogor saya bisa mengikuti olimpiade matematika internasional di Singapura," kata Fabian.

Sementara itu, Farid Sulistio, ayah kandung Fabian membenarkan video itu direkam istrinya sendiri lalu diposting di media sosial via instagram lantaran bertepatan dengan suasana Hari Anak Nasional, Selasa ( 25/7/2017).

(Baca juga: Kisah Pono, Anak Penjual Sayur yang Menang Olimpiade Matematika di Malaysia)

"Kebetulan kemarin kan masih suasana Hari Anak Nasional. Lalu istri saya punya ide merekam video curhat untuk Presiden Jokowi yang disampaikan Fabian," ucap Farid.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com