4 Anggota TNI yang Sempat Hilang di Laut Siap Kembali Bertugas di Pulau Terluar - Kompas.com

4 Anggota TNI yang Sempat Hilang di Laut Siap Kembali Bertugas di Pulau Terluar

Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
Kompas.com - 13/08/2017, 22:19 WIB
Empat anggota TNI yang dilaporkan hilang, berhasil ditemukan oleh Tim SAR KupangDokumen Kapenrem Wira Sakti Kupang Empat anggota TNI yang dilaporkan hilang, berhasil ditemukan oleh Tim SAR Kupang

KUPANG, KOMPAS.com - Empat anggota TNI Angkatan Darat dari Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar Pulau Batek akhirnya diizinkan kembali bertugas di pos mereka setelah dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST) Tingkat IV Wira Sakti Kupang, selama dua malam.

Empat anggota TNI, yaitu Praka Ronal, Pratu Agung, Pratu Sudarman dan Pratu Ardi menjalani perawatan medis setelah hilang selama satu hari di lautan.

Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandenkesyah) 09.04.01 Kupang Letkol Ckm Prabowo Effendi mengatakan, empat personel TNI itu sudah dalam keadaan baik dan sehat sehingga diizinkan meninggalkan rumah sakit, Minggu (13/8/2017) sekitar pukul 15.00 Wita.

"Kondisi mereka sudah baik, makan sudah enak, dan semalam pun kita monitor tidurnya nyenyak," kata Prabowo Minggu malam.

Saat ini lanjut Prabowo, mereka sudah diperbolehkan pulang dan melaksanakan istirahat di Mess Korem 161/Wira Sakti, sambil menunggu kembali ke Pos Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar Pulau Batek.

Baca: Perjuangan 4 Anggota TNI Bertahan di Laut hingga Ditemukan Tim SAR

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Kapenrem 161/Wira Sakti Kupang, Mayor Armed Ida Bagus Diana Sukertia mengatakan, hari ini, empat prajurit tersebut juga mendapat kunjungan dari Danbrigif 21/Komodo Kolonel Infanteri Andre Saputro didampingi Danyonif Raider Khusus 744/SYB Letkol Inf Samsul Huda dan Staf Brigif 21/Komodo.

Kedatangan sejumlah komandan itu lanjut Sukertia, untuk melihat secara langsung kondisi mereka, serta memberikan dorongan moril, agar tetap semangat melanjutkan tugas negara menjaga wilayah pulau terluar NKRI.

"Tergambar di raut wajah empat prajurit rasa senang dan optimis mendapatkan dorongan moril dari para unsur komandan mereka dan bertekad untuk dapat melakukan tugas lebih baik dan profesional. Apa yang mereka alami adalah pengalaman yang tak terlupakan yang dapat dijadikan sebagai pelajaran terbaik sebagai prajurit," jelas Sukertia.

Sebelumnya diberitakan, empat orang anggota TNI Angkatan Darat dari Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Batek, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sempat dikabarkan hilang, akhirnya ditemukan selamat.

Baca: Inilah Kronologi Hilangnya 4 Anggota TNI di Pulau Terluar

Kapenrem 161/Wira Sakti Kupang, Mayor Armed Ida Bagus Diana Sukertia mengatakan, empat anggota TNI itu yakni Praka Ronal, Pratu Agung, Pratu Sudarman, Pratu Ardi, dilaporkan hilang sejak Kamis (10/8/2017) kemarin.

"Setelah dilakukan pencarian oleh Basarnas, pada Jumat (11/8/2017) sekitar pukul 19.49 wita, keempat personel sudah ditemukan dan naik ke kapal dalam keadaan selamat dan aman," kata Sukertia.

PenulisKontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM