Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung SMP Terbakar, Ijazah Milik Guru Ikut Hangus

Kompas.com - 21/07/2017, 10:40 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gedung koperasi dan sekolah milik SMP Negeri 1 Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta, terbakar diduga akibat korsleting, Jumat (21/7/2017) sekitar pukul 00.30 WIB. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala SMPN 1 Paliyan, Marlan menjelaskan, kebakaran pertama kali diketahui penjaga sekolah yang melakukan piket malam sekitar pukul 00.30 WIB. Api berasal dari sekitar koperasi yang tepat berada di sisi kanan gedung sekolah.

"Awalnya mereka mencoba mematikan api dengan alat seadanya, tetapi tidak berhasil. Kemudian melaporkan ke polisi (Polsek Paliyan) dan pemadam kebakaran. Polisi datang kurang dari 5 menit, sementara pemadam sekitar 15 menit kemudian," katanya ditemui di kantor kepala sekolah, Jumat (21/7/2017).

Baca juga: Pasar Tradisional di Ketapang Kebakaran, 10 Ruko Hangus, 2 Orang Luka

Dia mengatakan, proses pemadaman berlangsung lama, karena ruangan yang terbakar berisi barang yang mudah terbakar. Beberapa di antaranya buku kurikulum lama yang menunggu penghapusan aset, mesin foto kopi, kaos, busa olahraga hingga tenda pramuka.

"Api sepenuhnya padam sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Ada izasah milik guru yang ikut terbakar, ijazahnya komplit dari SD hingga perguruan tinggi karena akan ada pemberkasan," ujarnya.

Marlan menduga kebakaran ini diakibatkan arus pendek listrik. Namun untuk penyebab pastinya menunggu keterangan dari polisi.

Saat ini, kegiatan balajar mengajar di sekolah berjalan dengan normal meski sebagian ruangan dipasang garis polisi.

"Kerugian masih diinventarisir, ya ratusan juta. Untuk KBM (kegiatan belajar mengajar) tidak masalah," katanya.

Baca juga: Sulit Dipadamkan, Kebakaran Kapal di Juwana Berlangsung Lama

Sementara itu, Kapolsek Paliyan AKP Catur Widodo menyampaikan, pihaknya mengetahui kebakaran saat melakukan patroli rutin. Saat melintas di lokasi, ia melihat kebakaran dan membantu memadamkan api. Pihaknya pun sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengetahui penyebab kebakaran.

"Diduga korsleting dari ruangan koperasi," katanya.

Kompas TV Gudang Penyimpanan Garmen Hangus Terbakar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com