Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tradisional di Ketapang Kebakaran, 10 Ruko Hangus, 2 Orang Luka

Kompas.com - 18/07/2017, 17:43 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

KETAPANG, KOMPAS.com - Sebanyak sepuluh unit rumah toko (ruko) di komplek pasar tradisional Sentap, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, hangus terbakar Selasa (18/7/2017) sekitar pukul 06.30 WIB.

Dalam peristiwa tersebut, dua penghuni menjadi korban mengalami luka bakar dan harus dilarikan ke Rumah Sakit Fatima, Ketapang.

Kepala Sub Bidang Humas Polda Kalbar, AKP Cucu Safiudin mengungkapkan, sepuluh unit bangunan ruko berderet yang sebagian difungsikan sebagai kafe itu terdiri dari tujuh unit ruko berpenghuni dan tiga unit ruko kosong.

"Informasi sementara sumber api berasal diduga berasal dari salah satu ruko yang dihuni Mistura," ujar Cucu, Selasa (18/7/2017) sore.

Upaya pemadaman dilakukan belasan unit mobil pemadam dibantu aparat mengamankan lokasi kebakaran. "Sementara kerugian material ditaksir mencapai Rp 2 miliar," kata Cucu.

Baca juga: Mobilnya Kebakaran, Keluarga Johan Batal Berwisata

Sementara itu, salah satu warga, Rudi Sapto mengatakan, asap hitam membumbung disertai kobaran api saat peristiwa yang terjadi pada pagi hari itu.

"Sebagian penghuni yang sudah bangun sibuk menyelamatkan harta benda mereka sambil membangunkan penghuni lain yang masih terlelap," ujar Rudi.

Salah seorang korban, Deni mengungkapkan, kebakaran terjadi begitu cepat tanpa di ketahui oleh penghuni ruko.

"Saat kejadian saya dan anggota keluarga lain masih tidur dan tiba-tiba terbangun dengan kondisi kamar yang sudah gelap karena banyak asap, nafas rasanya sesak sekali,” ujar Deni.

Melihat kondisi seperti itu, Deni kemudian mencoba menyelamatkan diri dengan menerobos keluar ruko. Saat berada di luar ruko, Deni berusaha memanggil anggota keluarganya yang lain yang masih berada di dalam rumah.

"Saya panggil-panggil ibu dan adik saya rupanya masih diatas, mereka melompat dari atas karena api sudah besar bahkan ibu saya sekujur tubuhnya luka bakar sampai bajunya hangus terbakar,” ujar dia.

Akibat kebakaran tersebut, ibu dan adiknya mengalami luka bakar. Selain itu harta benda miliknya seperti tiga unit sepeda motor, televisi, kulkas, ponsel, dan surat-surat berharga turut hangus terbakar.

Kompas TV Belasan ribu hektar hutan di Kawasan Whittier, California, hangus dilalap api.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com