Cegah Tragedi Juwana, Pati Anggarkan Pengadaan Kapal Pemadam Kebakaran - Kompas.com

Cegah Tragedi Juwana, Pati Anggarkan Pengadaan Kapal Pemadam Kebakaran

Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho
Kompas.com - 17/07/2017, 15:54 WIB
Titik api masih menyala di alur Sungai Silugonggo, Desa Bakaran‎, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Minggu (16/7/2017).Dok BPBD Pati Titik api masih menyala di alur Sungai Silugonggo, Desa Bakaran‎, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Minggu (16/7/2017).

PATI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pati berencana menganggarkan dana untuk pengadaan unit kapal pemadam kebakaran pada 2017.

Langkah ini untuk mencegah terulangnya kembali kebakaran kapal di alur Sungai Silugonggo, Desa Bakaran, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (15/7/2017). Sebab saat kejadian, lokasi kebakaran tidak bisa ditempuh melalui transportasi darat.

"Mengantisipasi kejadian kemarin, pada perubahan anggaran 2017, kami anggarkan untuk pengadaan kapal pemadam kebakaran. Berapa unit dan jumlah anggaran menyesuaikan," ujar Haryanto kepada KOMPAS.com, Senin (17/7/2017).

Diberitakan sebelumnya, kebakaran tersebut telah meluluhlantahkan belasan kapal berukuran di bawah 100 Gross Ton (GT). Tiga orang diketahui mengalami luka bakar serius. Kendaraan damkar sendiri tidak bisa menuju lokasi kebakaran karena tidak ada akses jalan.

(Baca juga: Sejumlah Kendala Hambat Proses Pemadaman Kebakaran Pelabuhan Juwana)

Akhirnya, warga dan petugas terpaksa menghentikan upaya pemadaman manual karena khawatir terjadi ledakan. Mereka hanya bisa memantau material kapal ludes dengan sendirinya. Kebakaran pun berangsur padam pada Minggu (16/7/2017).

Kompas TVPatroli laut pun diminta membantu pemadaman.

PenulisKontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM