Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Nusantara: Jokowi "Cium Hidung" dengan Warga hingga Pelajar Tewas Usai Minum Es Kopi

Kompas.com - 13/07/2017, 07:00 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com - Tindakan presenter acara reality show "Katakan Putus" Ricky Komo turun dari Plengkung Gading tanpa melewati tangga menuai protes dari warga, terutama di media sosial.

Ricky lalu meminta maaf kepada keluarga keraton dan masyarakat Yogyakarta atas aksinya berjalan di atas bangunan yang dinilai bersejarah dan dilindungi itu.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menghadiri Festival Tenun Ikat dan Parade Kuda Sandalwood di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu, Jokowi sempat meminta warga untuk melakukan cium hidung dengannya. Cium hidung bagi masyarakat SBD merupakan budaya.

Bagaimana respons warga?

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Seorang Pelajar Tewas Usai Minum Es Kopi di Warung Kopi

Firman Hidayat (15), seorang remaja asal Dusun Mancilan 05/04 Kelurahan Pohjentrek, Kota Pasuruan, tewas seketika seusai minum es kopi di warung Hore di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Pasuruan, Rabu (12/7/2017).

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, korban sempat kejang dan jatuh dari tempat duduknya. Menurut teman korban, Eki Firman Maulana (13), tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan pada fisik Firman sebelum meninggal.

Bahkan ia dan korban sempat berbincang ringan. Korban juga sempat bercerita lebih memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dibanding Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun, tak lama meminum es kopi jenis cappuccino tersebut Firman kejang dan jatuh dari tempat duduknya.

"Tak lama minum es kopi itu, Mas Firman kejang kemudian jatuh dari duduknya," terang Eki.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Mahasiswa dan Polisi Ribut di Kedai Kopi, Satu Orang Tewas


2. Turun dari Plengkung Gading Tak Lewat Tangga, Presenter Ricky Komo Minta Maaf

Presenter acara reality show "Katakan Putus" Ricky Komo meminta maaf kepada keluarga keraton dan masyarakat Yogyakarta atas kekhilafannya turun dari Plengkung Gading tidak melewati tangga.

Ricky mengaku, apa yang dilakukanya saat proses syuting di Plengkung Gading hingga menuai kecaman netizen karena ketidaktahuannya. Permintaan maaf ini sampaikan langsung oleh Ricky dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @komoricky pada Selasa (11/07/2017).

"Assallamualaikum, Saya komo ricky minta maaaf sedalam dalamnyaa dan setulus tulusnya kepada keluarga Kraton dan Masyarakat Yogyakarta atas kekhilafan saya, kebodohan saya tadi siang di Plengkung Gading, tdk ada maksut buruk dari apa yang saya lakukan itu semua karna ketidaktahuan saya.. sekali lagi saya minta maaf sebesar besarnyaa dan terimakasi buat keluarga kraton yang sudah mengingatkan saya.. temen2 yang sudah mengingatkan saya untuk menjadi org yang lebih baik lagi.. saya komo ricky, Wassallamualaikum," tulis Komo Ricky dalam akun Instagramnya.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Saat Obama Kaget di Candi Borobudur...

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com