Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Presenter Turun Situs Tak Lewat Tangga, Ini Kata Sultan HB X

Kompas.com - 12/07/2017, 15:03 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, ikut angkat bicara terkait perilaku seorang presenter acara reality show di televisi swasta yang menuruni Plengkung Gading tidak lewat tangga.

Sri Sultan menyayangkan peristiwa itu.  Dia menyatakan, salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang baru saja direnovasi itu merupakan situs bersejarah yang seharusnya dijaga kelestariannya.

"Itu monumen perlu dijaga," ujar pria yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu ketika ditemui wartawan di Balai Kota Yogyakarta, Jalan Kenari, Kota Yogyakarta, Rabu (12/7/2017).

Meski tak mengecam pelakunya, Sultan mengimbau kepada wisatawan maupun masyarakat untuk menjaga kelestarian situs bersejarah yang ada di DIY. Menurut dia, menjaga situs bersejarah bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan semua pihak.

"Yang penting dijaga sajalah," kata Sultan.

Baca juga: Turun dari Cagar Budaya di Yogya Tak Lewat Tangga, Pria Ini Dikecam Netizen

Sebelumnya aksi yang dinilai tidak pantas dan patut itu pun terekam dalam video yang saat ini viral di media sosial.

Netizen pun mengecam perilaku pria tersebut karena menilainya tidak sopan. Satu di antaranya Putri Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, GKR Bendara yang ikut mengomentari aksi pria tersebut. Selain mengunggah foto capture video dari @lambe_turah di akun Instagramnya.

Sementara itu. presenter acara reality show "Katakan Putus" Ricky Komo meminta maaf kepada keluarga keraton dan masyarakat Yogyakarta atas kekhilafannya turun dari Plengkung Gading tidak melewati tangga.

Baca: Turun dari Plengkung Gading Tak Lewat Tangga, Presenter Ricky Komo Minta Maaf

Ricky mengaku, apa yang dilakukannya saat proses shooting di Plengkung Gading hingga menuai kecaman netizen karena ketidaktahuannya.

Permintaan maaf ini disampaikan Ricky dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @komoricky pada Selasa (11/07/2017).

"Assallamualaikum, Saya komo ricky minta maaaf sedalam dalamnyaa dan setulus tulusnya kepada keluarga Kraton dan Masyarakat Yogyakarta atas kekhilafan saya, kebodohan saya tadi siang di Plengkung Gading, tdk ada maksut buruk dari apa yang saya lakukan itu semua karna ketidaktahuan saya.. sekali lagi saya minta maaf sebesar besarnyaa dan terimakasi buat keluarga kraton yang sudah mengingatkan saya.. temen2 yang sudah mengingatkan saya untuk menjadi org yang lebih baik lagi.. saya komo ricky, Wassallamualaikum," tulis Komo Ricky.

Kompas TV Namun, perayaan tersebut menjadi viral karena polisi terlibat di dalamnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com