Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5 SR Guncang Kabupaten TTS, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Kompas.com - 26/06/2017, 21:25 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

SOE, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 5 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (26/6/2017) malam.

Getaran gempa yang keras di Kabupaten TTS dirasakan juga di Kabupaten tetangga Timor Tengah Utara (TTU). Karena ketakutan, warga berhamburan keluar rumah.

"Kami sementara nonton TV, tiba tiba gempa bumi sangat kuat sehingga kami bersama warga lainnya lari berhamburan keluar rumah," kata Guido Suni, warga Peboko, Kelurahan Kefamenanu Utara, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, kepada Kompas com, Senin (26/6/2017).

Guido mengaku belum mengecek kerusakan bangunan yang ditimbulkan akibat getaran gempa itu.

Sekretaris Kecamatan Boking Kabupaten TTS Yusli Benu mengaku belum mendapat informasi mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa. 

"Gempa barusan terjadi 15 menit yang lalu dan saat ini saya masih cek kondisi bangunan rumah warga dan bangunan pemerintah," kata Yusli.

Ia berjanji akan menyampaikan informasi lanjutan bila menemukan kerusakan bangunan.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Hasanudin mengatakan, gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 20.12 Wita.

"Untuk lokasi gempa di Kabupaten TTS terletak pada 9.75 derajat Lintang Selatan dan 124.62 derajat Bujur Timur," ucap Hasanudin.

Sementara pusat gempa, lanjut Hasanudin, berada di 22 kilometer timur laut dari Kabupaten TTS, dengan kedalaman 10 kilometer.

"Saat ini, kita belum dapatkan laporan tentang adanya kerusakan yang diakibatkan gempa di Kabupaten TTS ini," kata Hasanudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com