Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poso Kembali Diguncang Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 02/06/2017, 15:20 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Daerah Poso, Sulawesi Tengah kembali diguncang gempa bumi, Jumat (2/6/2017) sekitar pukul 12.59 WIB. Gempa bumi ini menurut situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dilaporkan terjadi di 45 kilometer barat laut Poso.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa di Poso ini berkekuatan 5,2 Skala Richter. Lokasi tepatnya berada di 1,22 lintang selatan, 120,38 bujur timur. Gempa kali ini disebut terasa lemah di daratan Poso.

“Kondisi mutakhir gempa terasa lemah sekitar 3-4 detik di Kabupaten Poso,” kata Sutopo, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat sore.

Menurut Sutopo, gempa bumi di kedalaman 10 kilometer Poso ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. BNPB belum mengetahui dampak gempa kali ini.

“Belum ada laporan mengenai dampak gempa,” ujar Sutopo.

Seperti diberitakan, kawasan Poso pada Senin (29/5/2017), lalu juga dilanda gempa bumi. Saat itu gempa berkekuatan 6,6 SR. Gempa menyebabkan kerusakan di sejumlah bangunan warga dan umum dan juga mengakibatkan sejumlah warga terluka.

Baca juga: Gempa 6,6 SR di Poso, 3 Orang Luka

Kompas TV Gempa di Poso Rusak Perkantoran dan Rumah Ibadah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com