Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Ogan Ilir Berjibaku Lewati Jalan Berlumpur

Kompas.com - 25/05/2017, 23:13 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Kondisi jalan di Ogan Illir, Sumatera Selatan, banyak yang mengalami kerusakan. Kerusakan terparah terjadi di Kecamatan Tambangrambang dan Muarakuang.

Kerusakan berupa tanah berlumpur dan berlubang besar di tengah jalan.

Plt Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, Rabu (25/5/2017) kemarin, mengecek langsung titik lokasi jalan yang rusak tersebut.

Baca juga: Protes Jalan Rusak, Warga Blokade Akses Menuju Pembangkit Listrik PLN

Mobil dinas Bupati Ogan Ilir jenis Pajero dan mobil rombongan harus berjibaku melewati jalan berlumpur menuju Desa Kuangdalam, Kecamatan Muarakuang, Ogan Ilir, agar tidak terjebak di tengah lumpur.

Sebuah mobil double cabin milik sebuah perusahaan perkebunan yang coba melintas di jalan tersebut bahkan mengalami kondisi lebih parah. Kendaraan itu tergantung karena terjebak saat hendak melewati jalan bagian atas sehingga tidak bisa bergerak.

Jalan yang rusak dan berlumpur dalam itu sendiri membuat transportasi warga di desa sekitar menjadi terhambat. Padahal daerah tersebut merupakan penghasil getah karet yeng merupakan mata pencarian utama warga setempat.

Pelaksana tugas Bupati Ogan Ilir Ilyas, Panji Alam saat memeriksa kondisi jalan rusak mengakui banyak jalan di Ogan Ilir, terutama di Kecamatan Muarakuang dan Rambangkuang, mengalami kerusakan.

Untuk memperbaiki jalan yang paling parah, terutama yang menuju Desa Kuangdalam, sudah dianggarkan dana Rp 17 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemeritah pusat yang akan dikerjakan tahun ini juga.

Ilyas juga meminta Pemerintah Provinsi Sumsel memperbaiki ruas jalan provinsi yang ada di Ogan Ilir, sebab kondisinya banyak yang rusak parah, terutama ruas Muarameranjat-Muarakuang.

“Memang banyak jalan di Ogan Ilir terutama di Kecamatan Muarakuang dan Rambangkuang kondisinya rusak, untuk ruas Desa Kuangdalam ke perbatasan Kabupaten Muaraenim sepanjang 6 kilometer tahun ini mulai kita perbaiki dengan dana dari pusat sebesar Rp 17 miliar. Kita juga mengimbau Pemprov Sumsel untuk memperbaiki ruas jalan provinsi di Ogan Ilir,” katanya.

Baca juga: Jalan Rusak Ancam Keselamatan

Sementara itu, Ahmad, salah seorang warga yang terlihat kesulitan melintasi jalan tersebut menggunakan sepeda motor sambil membawa getah karet berharap agar jalan desa mereka segera diperbaiki. Sebab, jalan tersebut merupakan sarana mereka pergi ke kebun dan membawa hasil getah karet dari kebun mereka.

“Semoga jalan desa kami segera diperbaiki Pak. Kami kesulitan setiap hari kalau mau pergi ke kebun dan membawa hasil kebun untuk dijual,” katanya.

Kompas TV Seperti ini kondisi jalan yang menghubungkan Kecamatan Bahar Selatan, Bahar Utara dan Kecamatan Sungai Bahar di Kabupaten Muaro, Jambi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com