Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Brebes, Tanggul Sungai Pemali Jebol di 4 Titik

Kompas.com - 18/02/2017, 06:36 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Sejumlah tanggul penahan air di Sungai Pemali di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, jebol. Setidaknya ada empat titik tanggul jebol sehingga air meluber ke wilayah persawahan dan pemukiman penduduk.

Ni Made Sumiarsih, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana mengatakan, saat ini tercatat ada empat titik tanggul yang jebol di Sungai Pemali.

Penanganan empat titik tanggul akan dilakukan oleh Pemprov Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat, dalam hal ini BBWS Pemali Juwana.

“Sungai Pemali sekarang jadi kewenangan provinsi sehingga kami tidak bisa masuk. Ada empat titik yang jebol dan gubernur Jateng kemarin sudah kirim surat agar kami masuk,” kata Made, di Semarang, Jumat (17/2/2017) sore.

Dia mengatakan, empat titik itu akan dikerjakan oleh dua instansi. Dua titik permanen akan ditangani oleh Dinas Pengendalian Sumber Daya Air Pemprov Jawa Tengah, dua titik lainnya oleh BBWS.

Namun demikian, lanjut Made, pemerintah tidak bisa masuk andai Pemprov Jateng tidak mengirimkan surat secara tertulis. Surat itu akan digunakan dasar untuk pencairan anggaran.

“Kami akan bantu ada dua titik, karena harus revisi Dipa. Pemprov Jateng nanti berkirim surat untuk bantu Dipa. Syarat administrasi saat ini belum ada,” ujarnya.

BBWS menduga, jebolnya tanggul sungai lantaran faktor curah hujan yang tinggi. Selain itu, Sungai Pemali sudah jarang dilakukan perawatan.

“Curah hujan, Sungai Pemali belum pernah disentuh. Penanganan nanti pakai bronjong, dan itu upaya darurat,” tambahnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelumnya pada Jumat mengatakan, alat berat mulai diturunkan untuk mengatasi banjir di Brebes. Alat berat untuk menutup titik tanggul Sungai Pemali yang jebol.

"Hari ini fokusnya memasukkan alat berat kesana, semua tim sudah turun, timnya dipimpin oleh Dandim," ujar dia.

(Baca juga: Terbaring Sakit, Seorang Nenek Dievakuasi dari Banjir Brebes)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com