Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang Brebes, Jalur Menuju Tegal via Jatibarang Dialihkan

Kompas.com - 16/02/2017, 18:16 WIB

BREBES, KOMPAS.com - Jalan Brebes-Kabupaten Tegal via Jatibarang terpaksa ditutup akibat banjir menerjang belasan desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (16/2/2017). Banjir terjadi akibat Sungai Pemali meluap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Brebes mengatakan, meluapnya Sungai Pemali mengakibatkan beberapa tanggul sungai jebol. Sebagian besar desa dekat aliran sungai pun terendam.

"Jalan yang tergenang banjir ditutup total. Semua kendaraan yang akan menuju Kabupaten Tegal melalui Jatibarang dialihkan," kata Kasatlantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkhan Sipayung.

Polisi mengimbau pengendara mencari alternatif jalan lain.

Pengendara dari arah Jakarta diimbau mengambil jalan Pejagan-Ketanggungan-Prupuk. Sedangkan kendaraan dari arah timur atau Semarang bisa melewati Kota Tegal.

Pantauan Tribun Jateng, sejumlah desa terendam banjir di Kecamatan Brebes meliputi Desa Pulosari, Terlangu, Padasugih, dan Wangandalem.

Sementara di Kecamatan Wanasari, desa yang terdampak banjir di antaranya Desa Jagalempeni, Salam, Lengkong dan sejumlah desa di Kecamatan Jatibarang.

Berita ini sudah terbit di Tribunnews, Kamis 16 Februari 2017 dengan judul Sungai Pemali Meluap, Jalur Brebes-Tegal Via Jatibarang Dialihkan

Kompas TV Tiga anak balita dan dua lansia dapat dievakuasi dari atap rumah oleh personel Polres Cirebon dan tim SAR untuk diungsingkan menuju masjid dan balai desa terdekat. Hal ini harus dilakukan lantaran banjir bandang yang melanda desa mereka datang secara tiba-tiba. Banjir bandang menerjang Kecamatan Astanajapura, Kecamatan Sindang Laut, Lemahabang, Gebang, dan Susukan. Bahkan salah satu wilayah ketinggian airnya mencapai tiga meter. Kepanikan saat banjir bandang datang juga dirasakan oleh sejumlah pengendara sepeda motor dan roda empat yang harus memutar arah di Jalan Utama Kanci, karena jalan menuju Kabupaten Cirebon bagian timur terputus. Menurut warga yang sedang berjualan di jalan itu, banjir disebabkan jebolnya tanggul Sungai Besar Kanci di sebelah selatan. Akibatnya, banjir Jalur Utama Pantura Cirebon menuju arah Tegal â?? Semarang terancam lumpuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com