Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Kepala Daerah Aceh Habiskan Dana Rp 183 juta hingga Rp 10 Miliar

Kompas.com - 15/02/2017, 05:39 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Calon gubernur Aceh, Zakaria Saman, tercatat sebagai kandidat yang yang paling banyak mengeluarkan dana kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2017.

Total dana yang dikeluarkannya Rp 10,4 miliar yang berasal dari sumbangan dirinya dan pasangannya T Alaidinsyah.

Adapun calon yang paling sedikit membelanjakan dana kampanye yaitu Abdullah Puteh dan Said Mustafa. Keduanya mengumpulkan dana kampanye sebesar Rp 245 juta dan dihabiskan sebanyak Rp Rp 183 juta.

Calon lainnya, seperti Muzakkir Manaf, mengumpulkan dana kampanye sebesar Rp 8,7 miliar. Uang ini berasal dari sumbangan badan hukum dan perseorangan sebesar Rp 8,6 miliar dan dari perorangan Rp 100 juta. Seluruh dana kampanye itu digunakan untuk kampanye.

Adapun calon petahana Zaini Abdullah mengumpulkan dana kampanye sebesar Rp 4,9 miliar yang bersumber dari sumbangan calon Rp 4 miliar dan perorangan sebanyak Rp 942 juta. Semunya habis untuk kampanye.

Calon gubernur, Irwandi Yusuf, mengumpulkan dana kampanye Rp 5,3 miliar dari sumbangan calon Rp 2,8 miliar, partai pengungsung sebanyak Rp 100 juta, perorangan Rp 753 juta, dan dari badan hukum atau perusahaan Rp 1,7 miliar.

Sementara itu, Tarmizi Karim hanya mengumpulkan dana kampanye Rp 1,8 miliar yang bersumber dari sumbangan calon Rp 20 juta, perorangan Rp 75 juta, dan perusahaan sebesar Rp 1,7 miliar.

Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Junaidi, mengatakan bahwa seluruh laporan dana kampanye itu telah diserahkan ke KIP Aceh 12 Februari 2017 atau tiga hari sebelum hari pencoblosan.

"Nanti laporan dana kampanye itu akan diaudit akuntan publik, setelah itu kita publikasi lagi," kata Junaidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com