Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Purwakarta Gabungkan Konsep Olahraga dan Museum Digital

Kompas.com - 17/01/2017, 11:13 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Stadion Purwakarta yang diberi nama Stadion Jaya Perkasa menggabungkan konsep sarana olah raga modern dengan museum digital. Dengan penggabungan ini, masyarakat bisa menikmati olahraga sekaligus rekreasi.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, sarana olahraga harus memiliki unsur pariwisata dan sejarah. Karena tidak semua orang yang datang ke SOR akan berolahraga.

"Bisa saja mereka datang hanya untuk nonton atau main," ujar Dedi saat dihubungi Selasa (17/1/2017).

Karena itu, stadion akan dilengkapi Museum Digital Olahraga. Lorong-lorong stadion akan dibangun tematik. Ada lorong yang menceritakan sejarah pencaksilat, renang, anggar, basket, dan lainnya dalam bentuk digital.

"Jadi pengunjung tidak hanya menikmati dan menonton olahraga tapi belajar tentang sejarah olahraga," ungkapnya.

Museum Digital Olahraga ini sekaligus menambah deretan museum diorama yang sudah ada. Purwakarta menargetkan, 2017 ini, sebanyak 25 museum digital hadir di Purwakarta.

"Museum Digital Olahraga menggunakan teknologi yang sama dengan museum diorama lainnya. Nantinya, tembok di sepanjang sarana olah raga ini akan lebih hidup dengan museum tersebut," tuturnya.

Stadion Jaya Perkasa berada di Sindangkasih, Purwakarta. Stadion ini dibangun bertahap di atas 12 hektare lahan.

Anggarannya sendiri diperkirakan menghabiskan Rp300 miliar murni dari APBD Purwakarta tahun 2015-2018. Dana tersebut, selain digunakan untuk pembangunan berbagai sarana olahraga dan Museum Diorama Olahraga juga digunakan untuk pembangunan infrastruktur berupa penambahan akses jalan dan pelebaran jalan menuju stadion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com