Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepulauan Riau Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Aceh

Kompas.com - 11/12/2016, 14:54 WIB
Kris R Mada

Penulis

BINTAN, KOMPAS - Pemerintah dan warga Kepulauan Riau mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Aceh. Makanan, pakaian, dan uang itu dikirimkan dengan kapal dari Bintan, Kepulauan Riau.

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menuturkan, sumbangan itu dikumpulkan warga secara spontan. Selain warga, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga ikut menyumbang.

"Mereka saudara kita yang sedang tertimpa bencana. Wajar kami mengirim bantuan," ujarnya di Bintan.

Kapal milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) mengantarkan bantuan itu dari Tanjung Uban, Bintan menuju Aceh. Kapal yang berangkat pada Sabtu malam itu ditargetkan mencapai Aceh Senin ini.

Aneka barang bantuan dimuat dalam kabin awak kapal patroli itu. Pengumuman tentang pengumpulan aneka bantuan itu disebarkan beberapa jam setelah terdengar kabar Pidie Jaya dilanda gempa.

Warga Kepulauan Riau melakukan berbagai cara untuk mengumpulkan bantuan. Sebagian pelajar dan mahasiswa mengumpulkan sumbangan dari warga di jalan. Sementara pengurus rumah ibadah mengajak orang-orang berderma di sela ibadah.

Nurdin mengatakan, Kepri siap memberikan bantuan lain kepada korban gempa di Pidie Jaya. Setelah pengiriman tahap pertama, tidak tertutup kemungkinan akan ada pengiriman tahap selanjutnya.

"Warga Kepri sangat antusias mengirimkan bantuan untuk saudara-saudara kita di Aceh," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com