Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Kuching Utara Minta Bandung Hibahkah "Software" Pelayanan Publik

Kompas.com - 31/10/2016, 13:31 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Kuching Utara, Malaysia, berharap Pemerintah Kota Bandung menghibahkan sejumlah software pelayanan publik. Hal itu diketahui saat sejumlah perwakilan Kota Kuching Utara saat mendatangi rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Senin (31/10/2016).

"Jadi ternyata Bandung oleh Malaysia sudah dianggap kota nomor satu di list mereka, mereka ingin ke Bandung pengen smartcity. Problem mereka kan sama saja ingin melayani masyarakat, transparan, ingin cepat. Jadi mereka akan bikin MoU, mereka memohon ingin ada satu dua software yang dihibahkan ke Kuching Utara," tutur pria yang kerap disapa Emil itu.

Emil pun mengaku tak keberatan bahwa software pelayanan masyarakat, seperti antrean online, infrastruktur online, e-budgeting serta media sosial monitoring diberikan. Namun, dia akan berkonsultasi dengan Kementerian Luar Negeri lantaran menyangkut hubungan luar negeri.

"Tidak ada masalah tapi saya akan konsultasi dulu ke Kementrian Luar Negeri, karena kalau ngasih hibah ke kota di Indonesia kan enggak ada masalah, tapi kalau ngasih hibah ke kota luar negeri harus diskresi dari Kemenlu," ungkapnya.

Perwakilan Kota Kuching Utara juga meminta Pemkot Bandung untuk turut membuat Little Bandung seperti yang pernah dibuat di Kota Petaling Jaya.

"Mereka juga ingin Little Bandung, tinggal diduplikasi saja. Itu menandakan Bandung itu dihargai sampai ke luar negeri," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com