Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Tumpeng Meriahkan Grebeg Surowiti di Gresik

Kompas.com - 27/10/2016, 17:33 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Sebagai napak tilas perjalanan Sunan Kalijogo, para warga di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur, menggelar agenda rutin tahunan bertajuk “Grebeg Surowiti”, Kamis (27/10/2016).

Pada agenda tersebut, ada ribuan tumpeng yang dibawa oleh para warga. Tumpeng ini dikumpulkan di dua lokasi yakni, di parkir wisata desa serta di lokasi Pesarean, lingkungan yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijogo.

“Masyarakat di sini mempercayai, bila tumpeng yang berbentuk piramid sebagai bentuk perlambangan doa mereka untuk sang pencipta,” tutur Kepala Desa Surowiti Khalidul Iman, Kamis (27/10/2016).

Sebelum dibawa ke kompleks yang diyakini sebagai makam Sunan Kalijogo, ribuan tumpeng tersebut lebih dulu diarak berkeliling kompleks sejauh 1 kilometer. Setelah itu, baru dilakukan tahlilan bersama (ritual keagamaan) dan dilanjutkan dengan saling menukar tumpeng, yang diakhiri dengan makan bersama.

“Sudah tiga kali edisi kami lakukan. Namun untuk kali ini, tidak hanya warga Desa Surowiti saja yang terlibat, melainkan juga warga desa tetangga seperti Serah dan Sukodono,” ungkapnya.

Kegiatan ini, lanjut Iman, merupakan langkah untuk lebih memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang potensi wisata Desa Surowiti, yang dianggapnya cukup layak untuk dikunjungi jika sedang berada di Gresik.

“Untuk acara kali ini, ada sekitar 2.000-an tumpeng yang dibawa oleh warga kemudian dimakan bersama-sama usai doa. Di mana sebagai ikonnya ada dua tumpeng besar, satu tumpeng nasi dan satu lagi berisikan hasil panen,” tutur Iman.

Sebuah konsep paduan religi dan wisata yang dianggap cukup menarik oleh Wakil Bupati Gresik, Mochammad Qosim. Dia pun berharap supaya acara Grebeg Surowiti ini bisa masuk dalam agenda nasional.

“Saya juga sudah ngomong kepada perangkat desa setempat, untuk segera membuat konsep proposal dan segera berkomunikasi dengan pihak Disbudparpora (Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga) untuk itu,” ujar Qosim.

Selain doa dan makan tumpeng bersama, rangkaian agenda ini rencananya bakal ditutup dengan pementasan seni wayang kulit, Kamis (27/10/2016) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com