Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Sekolah, Aher dan Istri Antar Anak Kelimanya ke SMAN 3 Bandung

Kompas.com - 18/07/2016, 10:04 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama istri, Netty Prasetiyani Heryawan, berpartisipasi dalam program ‘Antar Anak Sekolah di Hari Pertama Sekolah’, Senin (18/7/2016).

Pria yang kerap disapa Aher ini mengantarkan anak kelimanya, Shofia Heryawan, ke SMAN 3 Bandung. Heryawan menilai, mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama memberikan manfaat positif bagi dimensi moral dan keahlian siswa.

"Ini tindakan sederhana tapi menunjukkan kedekatan, perhatian kepada anak. Anak pun akan merasa dekat dengan orangtuanya," tutur Aher.

Bagi anak, kegiatan ini memberikan stimulus bagi perkembangannya menjadi generasi berkualitas dan berdaya saing. Karena program ini memberikan dua stimulus positif yakni dari keluarga dan sekolah.

"Akan hadir anak-anak unggul dan andal yang mampu mengumpulkan dua sisi sifat yang memadai, yakni sifat moral dan dimensi keahlian atau profesional," ujarnya.

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang juga istri Gubernur Jabar, Netty, menambahkan, program ini harus didukung untuk menyadarkan orang tua lebih aktif mengawal proses pendidikan anak.

"Sekolah adalah pihak yang kita berikan, titipkan sebagian tanggung jawab orangtua mendidik anak selama di sekolah. Kita harus berprinsip kooperatif dengan sekolah, tidak menjadi oposisi," ujar Netty.

Program ini pun menjadi stimulus orangtua siswa bersosialisasi dengan orangtua siswa lainnya. Dengan cara ini, program pendidikan yang dilakukan di sekolah terus bersambung. Apalagi, libur panjang yang baru dilalui orangtua dan anak-anak kemarin menjadi ajang para orangtua menilai sikap anak.

"Ini proses konfirmasi. Anak seperti ini di rumah, kira-kira di sekolah seperti apa? Apakah dia menjadi trouble maker, atau menimbulkan gangguan karena sifatnya yang harus diperbaiki, itu yang terpenting," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com