Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Lamongan Beri Dispensasi PNS Antar Anak Hari Pertama Sekolah

Kompas.com - 17/07/2016, 12:06 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com – Menyikapi surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah yang sebagian besar jatuh pada 18 Juli 2016 besok, dan telah disetujui Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, siap melaksanakannya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, siap memberikan dispensasi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang datang terlambat ke tempat kerja pada Senin (18/7/2016), lantaran mengantar anaknya masuk di hari pertama sekolah.

“Sesuai instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta PAN-RB, tidak masalah jika ada PNS yang terlambat masuk kantor satu sampai dua jam, karena ada keperluan mengantar anaknya masuk sekolah di hari pertama,” ujar Bupati Lamongan Fadeli, Minggu (17/7/2016).

Ia pun menjelaskan, surat edaran tersebut merupakan motivasi positif kepada orang tua atas tanggung jawab mereka dalam mendampingi sang anak, dan juga suntikan kepercayaan diri bagi si anak saat memasuki sekolah di hari pertama.

"Justru memberi motivasi ke anak-anak menurut saya lebih penting, apalagi sekarang sudah ada surat edaran baik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta PAN-RB. Ini suatu hal yang positif untuk dunia pendidikan anak,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, yang mengimbau agar semua wali murid dapat mengantarkan anaknya di hari pertama masuk sekolah, Senin (18/7/2016) besok. Baik jajaran PNS maupun para karyawan di perusahaan swasta.

“Dapat mengantar anak di hari pertama masuk sekolah, adalah momen yang bisa menumbuhkan interaksi antara orang tua dengan guru, sehingga harus diapresiasi. Untuk itu, kami mewajibkan kepada para orang tua untuk mengantar anaknya di hari pertama masuk sekolah, sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta PAN-RB,” ucap Kepala Bagian Pendidikan Menengah Umum dan Kejuruan (Dikmenumjur) Dinas Pendidikan Lamongan, Kandam.

Imbauan untuk mengantar si buah hati ke sekolah di hari pertama, dianggap Kandam sebagai langkah positif bagi dunia pendidikan di Lamongan. Apalagi, hari pertama masuk sekolah merupakan momen penting bagi seorang siswa untuk menjalani masa selanjutnya.

“Sehingga ada baiknya pula, pihak sekolah dapat mengadakan rapat dengan wali murid di hari pertama masuk sekolah besok,” usulnya.

Ia pun mengaku, pihaknya sudah meminta semua sekolah yang ada di Lamongan mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, untuk mengagendakan rapat bersama wali murid dengan suasana yang penuh kekeluargaan.

Sebab pada hari pertama, pihak sekolah biasanya akan menjelaskan aturan sekolah, pengenalan guru serta semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di sekolah. Selain itu, orang tua juga akan mendapatkan informasi berbagai kegiatan baik intra maupun ekstrakurikuler, yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan bakat serta minat anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com