Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Ternate Segera Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa

Kompas.com - 08/06/2016, 14:43 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman menginstrusikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera menangani bencana gempa bumi yang terjadi di Kecamatan Batang Dua, Rabu (8/6/2016).

"Saya sudah instrusikan BPBD segera menanganinya, termasuk pengiriman logistik," kata Burhan.

Penanganan gempa di Batang Dua, kata dia, harus dilakukan secepat mungkin seperti bencana lain yang terjadi di dalam Kota Ternate.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Ternate, Hasyim Yusuf, menjelaskan, Kamis (9/6/2016), BPBD berencana membawa bantuan logistik, seperti beras dan mi instan, ke lokasi gempa di Kecamatan Batang Dua.

"BPBD ke sana bersama BMKG, selain membawa bantuan logistik juga mendata jumlah kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa," kata Hasyim.

Menurut dia, BPBD telah mengimbau masyarakat setempat agar tetap waspada, dan segera mengungsi di ketinggian jika ada gempa susulan.

Kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa sejauh ini tercatat 22 rumah dan 1 gereja.

"Ada 4 rumah yang rusak berat, 18 rumah rusak ringan, dan 1 gereja rusak ringan. Kerusakan terbanyak di Kelurahan Lelewi, kemudian Mayau dan Bido. Sementara itu, untuk korban jiwa belum ada," kata Hasyim lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com