Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Ridwan Kamil Buat "Pesta" untuk Bung Karno

Kompas.com - 17/05/2016, 16:47 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung akan memberikan nuansa berbeda dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila sekaligus Hari Pidato Presiden pertama Ir. Sukarno. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil siap menggelar "pesta" besar-besaran sebulan penuh pada bulan Juni untuk memberikan apresiasi atas dedikasi sang proklamator.

"Sekarang begini, saya ingin generasi muda melek sejarah khususnya sejarah Bung Karno," ucap Emil, sapaan akrabnya di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (17/5/2016).

Apresiasi itu dilakukan karena menurut dia, Bung Karno merupakan sosok pemimpin yang multidimensi yang punya kemampuan lebih dibanding tokoh nasional di Indonesia.

"Bung Karno ini manusia multidimensi, dia pintar, berani, ganteng, puitis, seniman, kumpul dalam satu individu dan dia membebaskan Indonesia. Sehingga dari semua sosok di republik ini, tidak banyak yang punya kelengkapan dimensi seperti itu," ujarnya.

Sebab itu, kata dia, dalam momentum peringatan hari lahir Pancasila, Pemkot Bandung akan menyuguhkan serangkaian agenda bersifat edukatif yang kental dengan nuansa Bung Karno.

"Oleh karena itu si anak muda yang waktunya habis mengakses informasi selama bulan Juni akan diberi pengetahuan tentang sejarah Bung Karno itu cara kita," jelasnya.

"Tujuannya anak Bandung khususnya, tahu sejarah Bung Karno, dimana rumahnya Ibu Inggit, jodohnya di ruang arab (Pendopo) dicomblanginnya di situ, sekolahnya ITB, karyanya di sana sini," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com