Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pidato Bung Karno, Ridwan Kamil Bawa Konsep "Bandung Pisan"

Kompas.com - 17/05/2016, 15:46 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung akan menggelar sejumlah kegiatan yang bertema Bung Karno sebulan penuh pada Juni 2016. Kegiatan itu digelar untuk memperingati Hari Lahir Pancasila dan Hari Pidato Bung Karno. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku akan memberikan sentuhan berbeda pada peringatan hari lahir Pancasila tahun ini.

"Konsepnya, Bandung pisan, kaya dengan kajian intelektual, kaya dengan kreatifitas," ucap Emil, sapaan akrabnya di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (17/5/2016).

Sesuai dengan tema, lanjut Emil, Pemkot Bandung akan merancang sejumlah kegiatan bersifat edukatif yang kental dengan nuansa Bung Karno.

"Bandung sedang mempersiapkan bulan Bung Karno juga, sepanjang bulan Juni akan ada rangkaian acara. Satu, rangkaian seminar Indonesia menggugat dalam perspektif Bung Karno di Gedung Indonesia Menggugat, kemudaian ada acara bedah buku Bung Karno, pagelaran wayang dengan tema Pancasia, ada parade Bung Karno dan Pacasila pada 1 Juni," ungkapnya.

Emil menjelaskan, pada puncak perayaan akan dipusatkan di Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika dengan agenda pembacaan pidato oleh Presiden Joko Widodo.

"Ada pidato di dalam Gedung Merdeka dan berakhir dengan ziarah ke penjara Banceuy," ungkapnya.

Namun acara tak berhenti sampai di situ. Selama sebulan penuh Pemkot Bandung juga bakal menggelar lomba kreatifitas bagi siswa sekolah.

"Saya undang masyarakat untuk hadir di Jalan Asia Afrika, ada festival. Selama sebulan akan ada lomba di sekolah-sekolah, puisi terkait kreativitas. Jadi tanggal 1 Juni sampai selesai bulan yang akan didedikasikan untuk Bung Karno dan Pancasila khususnya di Bandung," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com