Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tugas Kami adalah Memperjuangkan Hak-hak Pekerja"

Kompas.com - 01/05/2016, 22:47 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku bangga dengan kerukunan yang tercipta di antara buruh, pengusaha dan pemerintah di Jawa Tengah. Jalan santai di Ungaran, Kabupaten Semarang, menurut Ganjar, adalah bukti bahwa kelompok tripartit di Jateng tidak saling berseteru.

"Karena kerukunan adalah kunci kita bersama-sama membangun Jateng. Meski ekonomi sulit, tapi kita berusaha tidak ada PHK. Bahkan kita ciptakan lapangan kerja baru," kata Ganjar, dalam sambutannya sebelum melepas peserta jalan sehat di halaman Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Minggu (1/5/2016).

Dalam kesempatan itu Ganjar meminta para pekerja terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Dengan kinerja yang meningkat, maka Indonesia akan bisa bersaing dengan tenaga kerja dan produk luar negeri yang membanjiri Indonesia belakangan ini.

"Tugas kami adalah memperjuangkan hak-hak pekerja. Upah kita terus tingkatkan, juga perumahan dan urusan dasar lain seperti pendidikan dan kesehatan," ucapnya.

Acara jalan santai peringatan hari buruh internasional di Kabupaten Semarang diikuti sekitar 3.000 buruh dengan menempuh jarak sejauh 2,4 kilometer, start dan finish di rumah dinas bupati.

Kesempatan bertemu dengan Ganjar tak disia-siakan oleh para buruh untuk berfoto selfie. Mereka nampak berebutan untuk selfie dengan orang nomor satu di Jawa Tengah ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jateng Wika Bintang mengatakan, tahun ini penyelengaraan peringatan May Day oleh tripartit, yakni pengusaha, pemerintah, dan buruh ada di 27 Kabupaten/Kota.

Acaranya juga kurang lebih sama. Yakni jalan sehat, dilanjutkan panggung gembira, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis.

"Khusus di Semarang, selain dialog dengan gubernur juga ada pemeriksaan IVA untuk buruh perempuan. Kemudian Pak Gub melanjutkan acara yang sama di Stadion Utama Kendal," kata Wika.

Sebelumnya diberitakan, peringatan hari buruh internasional di Kabupaten Semarang diwarnai aksi jalan santai dan kampanye keselamatan berlalu- lintas. Pelaksanaan jalan santai yang diikuti sekitar 3.000 orang buruh itu dilepas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di halaman pendopo rumah dinas Bupati Semarang di Ungaran, Minggu (1/5/2016).  (baca: Peringati May Day, Ratusan Buruh di Semarang Bersihkan Danau Rawapening )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com