Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sulsel: Jangan Bela Saya kalau Saya korupsi

Kompas.com - 27/04/2016, 12:30 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah dalam megaproyek reklamasi Pantai Losari yang akan dibangun kawasan Center Poin of Indonesia (CPI).

"Jangan bela saya, kalau saya korupsi. Apanya yang dikorupsi dalam reklamasi Pantai Losari? Itu bukan dana APBN atau APBD dipakai, tapi dibangunkan dan dibiayai oleh pihak ketiga," kata Syahrul kepada wartawan saat melakukan pertemuan di rumah jabatannya, Selasa (26/4/2016) malam.

Syahrul juga membantah tudingan Koalisi Makassar Anti Korupsi (KMAK) dalam laporannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi soal dugaan korupsi Center Point Indonesia (CPI) of Makassar pada reklamasi itu.

Ia mempertanyakan jumlah kerugian negara Rp 15 triliun yang ditimbulkan dalam megaproyek tersebut.

"Hitung-hitungannya dari mana itu Rp 15 triliun. Ini malah kita dapat lahan luas. Siapa lagi yang mau kasih kita lahan sudah jadi. Tolong pikirkanlah, tidak ada niat jelek saya di CPI. Yang ada niat baik saya membuat CPI," katanya.

Syahrul mempertanyakan mengapa masalah reklamasi baru kali ini dibesar-besarkan. Menurut dia, sejak dari dulu reklamasi dilakukan oleh pihak lain, tetapi semuanya diam.

(Baca Gubernur Sulsel Nyatakan Berhak Keluarkan Izin Reklamasi Pantai Losari)

"Ribuan hektar lebih reklamasi Pantai Losari dilakukan sejak dulu oleh pihak pengembang. Kenapa tidak ada yang persoalkan itu? Kenapa cuma CPI saja yang dipersoalkan?" ujarnya.

Selain dilaporkan ke KPK, Syahrul juga menghadapi gugatan yang diajukan oleh puluhan aktivis di Pengadilan Tata Usaha Makassar terkait penyalahgunaan wewenang, memberikan izin reklamasi tanpa persetujuan pemerintah pusat.

(Baca Gubernur Sulsel Dilaporkan ke KPK Terkait Reklamasi Pantai Losari)

Syahrul juga dituding merusak lingkungan hidup biota laut karena mega proyek reklamasi Pantai Losari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com