Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng BBWS Citarum, Ridwan Kamil Akan Bangun Bendungan Sampah

Kompas.com - 29/03/2016, 18:12 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menggelar rapat bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Yudha Mediawan di Pendopo, Kota Bandung, Selasa (29/3/2016).

Dalam pertemuan itu, Ridwan Kamil membicarakan sejumlah langkah kerja sama, khususnya dalam hal pengelolaan aliran sungai. Salah satunya, membuat bendungan sampah (trash rack) di sejumlah titik aliran sungai.

"Selain penataan kawasan sungai, kita bicara juga tentang penanganan persampahan di sungai-sungai. Salah satunya dengan trash rack. Jadi, kayak bendungan sampah. Bendungan pengangkat sampah supaya sampah tidak bermuara di ujung," ucap Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Emil sempat menyampaikan usulan pembangunan trash rack kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun ide itu sulit terwujud lantaran membutuhkan anggaran yang tak sedikit.

Dia menjelaskan inovasi itu dibuat guna mengurangi tumpukan sampah di Sungai Citarum yang turut menjadi penyebab datangnya banjir.

"Sembari kita mem-push orang tidak buang sampah di sungai dengan beragam konsepnya," ucapnya.

Sebab itu, kata Emil, Pemkot Bandung dan BBWS Citarum berencana menandatangani MoU untuk memperlancar langkah kerja sama.

"Dan, pak kepala Balai meminta kita untuk bersiap MoU sebagai dasar hukum untuk kerja sama," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com