Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Targetkan Bandung Punya Seribu Aplikasi untuk "Smart City"

Kompas.com - 28/03/2016, 18:18 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bandung terus berupaya membuat inovasi di bidang teknologi untuk melahirkan aplikasi baru guna memudahkan segala urusan di pemerintahan.

Dengan pembangunan smart city, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menargetkan, Bandung memiliki seribu aplikasi pada akhir tahun 2017.

Ia membandingkan Bandung dengan Singapura, yang memiliki 1.600 peranti lunak untuk mengelola manajemen.

"Kami bangun terus karena smart city ini konsep baru menggunakan teknologi untuk memudahkan urusan. Kami targetkan punya seribu aplikasi untuk dipakai mengontrol ke dalam, menginformasikan ke luar, dan mengolah data," kata Ridwan Kamil di Hotel Panghegar, Jalan Merdeka, Senin (28/3/2016).

Saat ini, Pemkot Bandung telah membuat 400 aplikasi. Aplikasi terbaru yang diluncurkan belum lama ini adalah aplikasi bernama Gampil. Peranti lunak ini memudahkan urusan para wirausaha di bidang perizinan.

Emil menjelaskan, kota cerdas bertujuan untuk menunjang dan memudahkan aktivitas manusia dalam berbagai hal.

"Smart city ini istilahnya gaya hidup seperti kita sekarang sebagai individu menggunakan smartphone untuk memudahkan urusan. Bedanya, kita gunakan ini untuk manajemen perkotaan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com