Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Minta Pejabat Tidak "Gaptek"

Kompas.com - 28/03/2016, 13:38 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandung lebih bisa menguasai data untuk menjawab pertanyaan masyarakat tentang permasalahan di Kota Bandung.

Untuk itu, dia mengimbau agar para pejabat lebih melek teknologi alias tidak gagap teknologi (gaptek).

"Kuasai informasi, kepada para pejabat jangan jadi pejabat yang gaptek yang enggak pegang data sehingga kalau ditanya wartawan enggak bisa jawab. Sehingga media menuliskan satu pihak tanpa ada data dari pejabat yang ditanyakan," katanya.

Hal itu diungkapkan Emil, sapaan akrabnya, saat memberi arahan kepada para kepala dinas di Hotel Panghegar, Senin (28/3/2016).

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar dinas-dinas lebih aktif di media sosial agar memudahkan untuk merespons keluhan dari masyarakat.

"Kuasai informasi hari ini dengan masyarakat, yang paling cepat itu dengan media sosial. Di Bandung ini setiap hari ada 200 berita sebenarnya yang muncul dipermukaan dari 151 kelurahan tambah 30 kecamatan tambah 20 SKPD, total 200 berita per hari. Maka saya minta yang di upload itu supaya ada konten news juga jangan hanya acara rapat tapi justru kegiatan," ujarnya.

Menurut dia, langkah proaktif itu dilakukan agar segala persoalan tak selalu dipusatkan kepada Wali Kota.

"Belajar jadi news maker, jangan semuanya dipusatkan di wali kota karena semua hal 30 urusan kan kadang saya enggak kuasai data semuanya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com