Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Ridwan Kamil kepada Deddy Mizwar

Kompas.com - 24/03/2016, 10:11 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Bupati Bandung Dadang Naser diundang oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar untuk membicarakan persoalan sampah di Bandung dan sekitarnya, Rabu (23/3/2016).

Selain bersepakat turun ke sungai untuk membersihkan sampah, Ridwan Kamil menyampaikan usulan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menggelar rapat koordinasi antar-kepala daerah di Bandung Raya secara intensif.

Gagasan itu dilontarkan untuk mengurangi polemik permasalahan lintas sektoral yang kerap tak menemukan titik temu.

"Program jangka panjang, saya minta ke Pak Wakil Gubernur Deddy Mizwar agar kita rapat koordinasi karena saya juga banyak problem," ucap pria yang kerap disapa Emil itu di Balai Kota, Rabu (23/3/2016) malam.

Emil mencontohkan, persoalan banjir sementara (cileuncang) di Kota Bandung kerap terjadi lantaran aliran sungai kerap tersumbat di wilayah perbatasan.

"Seperti banjir di Bandung karena salurannya macet di perbatasan, mau nyebrang susah," ujarnya.

Emil menilai, Pemprov Jabar mesti lebih aktif melakukan koordinasi kepada kepala daerah di Bandung Raya untuk mencari solusi permasalahan lintas wilayah.

"Persoalan lintas sektoral itu seharusnya tugas provinsi, saya geregetan, tapi ada pagarnya. Dengan sering koordinasi, insya Allah pelan-pelan satu masalah bisa diselesaikan. Insya Allah lebih kompak," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com