Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Ridwan Kamil Izinkan Pertunjukan Monolog "Tan Malaka"

Kompas.com - 24/03/2016, 21:23 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pertunjukan monolog "Tan Malaka" akhirnya bisa digelar di IFI Bandung, Kamis (24/3/2016). Kepastian itu didapat panitia penyelenggara usai mendapat restu dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengaku telah memberi izin meski pertunjukan itu sempat dibubarkan kepolisian dengan alasan keamanan.

Pria yang akrab disapa Emil itu membolehkan pertuntukan tetap berlangsung karena telah mendapat penjelasan tentang materi pertunjukan dari panitia.

"Mereka menyampaikan bahwa tidak ada konten-konten negatif seperti didugakan. Jadi kita upayakan bisa terselenggara bisa sebaik-baiknya," ucap Emil saat ditemui di Kecamatan Dayeuhkolot, Kamis siang.

Emil meluruskan, izin tersebut bukan berarti jaminan. Dirinya hanya memberi bantuan keamanan agar pertunjukan tetap berjalan tertib.

(Baca Dijamin Ridwan Kamil, Pertunjukan "Tan Malaka" Hari Ini Tetap Digelar)

"Bukan jaminan artinya kita perbantukan kebutuhan pengamanan jika diperlukan," kata dia.

Emil juga mengaku telah memanggil anggota organisasi kemasyarakatan yang berunjuk rasa menolak pertunjukan itu. Jika tetap ada penolakan, maka Emil bakal kembali mengajak para demonstran untuk duduk bersama.

"Nanti diajak komunikasi saja, kan ormasnya juga sudah saya panggil dan kasih penjelasan. Saling menahan diri saja semua bisa dikomunikasikan," kata dia.

Pertunjukan monolog "Tan Malaka: Saya Rusa Berbulu Merah" gagal digelar pada Rabu (23/4/2016) malam setelah sejumlah ormas mendatangi tempat penyelenggaraan dan mendesak panitia membatalkan pertunjukan.

Panitia sempat berdiskusi, tetapi tak menemukan titik temu. Polisi akhirnya membubarkan acara dengan alasan keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com