Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Lalu, Kunjungan Wisatawan Asing ke Ternate Naik 50 Persen

Kompas.com - 19/01/2016, 21:17 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Promosi wisata yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkot Ternate, Maluku Utara dalam kurun waktu dua tahun terakhir membuahkan hasil.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate ke Ternate Anas Konoras, Selasa (19/1/2016) mengatakan pada 2014 kunjungan wisatawan asing mencapai 1.093 orang.

Sedangkan pada 2015, jumlah wisawatan asing meningkat tajam hingga mencapai 1.600 orang.

“Di tahun 2013, kunjungan wisatawan asing ke Ternate masih bermain di tiga digit, ditahun berikut naik dan di 2015 kenaikannya hingga 50 persen,” kata Anas.

Sementara untuk wisatawan domestik, lanjut Anas, diperkirakan mencapai 200.000 orang sepanjang tahun lalu.

Peningkatan jumlah wisatawan baik asing maupun domestik ini, tambah Anas, tidak terlepas dari upaya pemerintah mempromosikan segala potensi alam maupun budaya yang dimiliki Kota Ternate.

Menurutnya terdapat banyak daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Ternate. Salah satunya adalah peninggalan daerah, keindahan bawah lautnya hingga panorama alam yang tak kalah dengan daerah-daerah di Indonesia.

“Kita punya keindahan under water, budaya serta tempat-tempat bersejarah peninggalan bangsa Portugis, Spanyol dan Belanda. Semuanya masih terjaga dengan baik. Belum lagi sosial budaya yang ada di masyarakat masih juga terjaga dengan baik,” ujar Anas.

Tahun ini, lanjut dia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate sudah menyiapkan sejumlah program.

Salah satunya adalah penataan kembali sejumlah tempat wisata misalnya Danau Tolire Besar, Batu Angus serta Pantai Sulamadaha.

“Program kita di tahun 2016 ini selain meneruskan program yang sudah ada juga menata kawasan yang menjadi daya tarik, seperti Tolire Besar, Batu Angus, Sulamadaha dan kawasan lain yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” kata Anas lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com