Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Guru Kabupaten Semarang Raih Penghargaan Nasional

Kompas.com - 25/11/2015, 21:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Tiga orang guru di Kabupaten Semarang meraih penghargaan bidang pendidikan menengah tingkat nasional tahun 2015.

Para guru yang berprestasi itu adalah Harti, guru SMKN 1 Tengaran peraih juara II Anugerah Konstitusi Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tingkat Nasional.

Dua guru lainnya adalah pengajar di SMKN 1 Jambu yakni Farida Fahmalatif dan Yuliana Setiasih. Kedua guru ini meraih juara III kegiatan Simposium Tenaga Guru dan Kependidikan.

Penghargaan diserahkan langsung Penjabat Bupati Semarang Sujarwanto Dwiatmoko, usai upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2015 dan HUT ke-70 PGRI tingkat Kabupaten Semarang di Lapangan Kecamatan Tengaran, Rabu (25/11/2015) pagi.

Selain itu, dua orang guru mencatat prestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Mereka adalah Haryono, guru SMAN 1 Ungaran yang meraih juara 3 Olimpiade Sains Nasional (OSN) guru dan Suwarno, guru SMAN 1 Pabelan juara 3 bidang inovasi pembelajaran.

Penghargaan lain diraih SDN Sidomulyo 3 Ungaran Timur yang meraih juara 2 Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Negeri kategori ekstrakurikuler tingkat nasional.

Tokoh guru di Kabupaten Semarang sekaligus Wakil Ketua PGRI Jawa Tengah, Adi Prasetyo menegaskan berbagai prestasi yang diraih para guru itu menunjukkan kompetensi individu guru yang semakin membaik.

"Jika kompetensi guru meningkat akan berpengaruh pada mutu pembelajaran. Proses belajar mengajar akan semakin menarik dan menyenangkan karena ada inovasi. Sehingga para siswa akan merasa nyaman saat belajar," kata Adi.

Menyinggung tentang tenaga guru honorer kategori 2 (K-2) yang belum diangkat PNS, Adi Prasetyo mengakui masih ada keterbatasan termasuk anggaran.

Namun dia berharap terdapat jalan keluar untuk meningkatkan kesejahteraan para guru itu. Salah satunya, menurut Adi adalah dengan memanfaatkan aturan Permendikbud Nomor 28 Tahun 2014 tentang pemberian kesetaraan jabatan dan pangkat bagi guru bukan PNS.

"Para guru K-2 dapat memanfaatkan kesempatan itu agar bisa mendapatkan beberapa tunjangan kesejahteraan setara PNS," kata dia.

Adi menambahkan, sebagai pengurus PGRI Jawa Tengah pihaknya berharap seluruh pemkab dan pemkot terus berupaya mengalokasikan anggaran bagi kesejahteraan para guru bukan PNS. Termasuk guru yang bertugas di lembaga pendidikan non formal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com