Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Lurah Ditemukan Tewas Terbakar di Kebunnya

Kompas.com - 17/11/2015, 07:29 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Sesosok mayat pria ditemukan tergeletak di tengah-tengah kebun Dusun Paojawae, Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan Senin (16/11/2015) sore.

Mayat pria dalam kondisi gosong itu kemudian diketahui bernama Abdul Salam (68), warga Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba.

Sejak pagi, korban yang merupakan pensiunan Lurah Tanah Kongkong tersebut diketahui keluar dari rumah Namun, hingga jelang maghrib, dia tidak kunjung pulang sehingga keluarga panik.

Jasad korban lalu ditemukan tergeletak di tengah kebun oleh kerabatnya petang tadi. Diduga, korban tersambar api saat membakar sisa rumput ilalang yang beberapa hari lalu sudah dibersihkannya.

Salah seorang saksi mata, Banta (60), mengaku, pada awalnya, sekitar pukul 10.00 Wita, dia melintas untuk menuju Lapangan Desa Bicari untuk menyaksikan kampanye akbar salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Bulukumba.

Dia lalu melihat korban tengah membakar tumpukan rumput kering di dalam kebunnya. Banta yang baru kembali dari menyaksikan kampanye akbar bersama beberapa warga pun melewati jalan yang sama dan mendapati kebun korban dalam kondisi terdapat bekas pembakaran yang menjalar hampir seluas 1 hektare.

Pihak keluarga yang melakukan pencarian kemudian menemukan jasad korban di tengah kebun.

"Memang tadi lagi bakar rumput di kebunnya saya lihat waktu ikut kampanye," ungkap Banta.

Aparat kepolisian yang tiba di lokasi langsung menggelar olah tempat kejadian perkara sebelum akhirnya mengevakuasi jasad korban ke rumah sakit untuk dilakukan otopsi.

Hasil penyelidikan sementara tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada jasad korban.

"Diduga karena faktor fisik yang sudah uzur sehingga korban tidak mampu menyelamatkan diri saat bakar rumput di kebunnya karena memang merupakan semak belukar yang sudah mengering dan tidak ada tanda-tanda bekas kekerasan, kata Kompol Muh. Jufri, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Gantarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com