Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhiri Masa Jabatan, Bupati Purworejo Pamit ke Gubernur

Kompas.com - 30/10/2015, 21:44 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

PURWOREJO, KOMPAS.com - Bupati Purworejo, Jawa Tengah, Mahsun Zain pamit untuk melepaskan kursi orang nomor satu di yang didudukinya selama lima tahun terakhir.

Di hari terakhirnya memimpin, Jumat (30/10/2015), Mahsun minta izin secara langsung pada atasannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat ia mengunjungi kampung halamannya di Kutoarjo.

Di hari terakhir jabatannya ia membantu menyiapkan dan meluncurkan sistem Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

"Ini hari terakhir saya menjabat sebagai Bupati Purworejo. Saya sangat senang akhir jabatan saya bisa dihadiri gubernur, saya mohon izin," ujar Mahsun.

Sejurus kemudian, dia memberitahukan kondisi Purworejo saat ini. Ketika ia meletakkan jabatannya, Purworejo sedang mengalami musim kemarau yang panjang.

Meski demikian, banyak warga saat ini sudah panen raya kacang hijau dan kedelai.

"Kami sudah beberapa kali mengadakan sholat istisqa, tapi masih belum dikabulkan," ujarnya singkat.

Dia pun sekali lagi meminta maaf jika selama lima tahun memimpin tidak mampu memuaskan seluruh warga Purworejo.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi kesediaan Mahsun untuk mengabdi kepada rakyat.

Ia mewakili Pemprov Jateng mengucapkan terima kasih kepada Mahsun. Menurut Ganjar, masa akhir jabatan yang bertepatan pada hari Jumat membuatnya menjadi baik. Apalagi di awal memimpin, Mahsun juga dilantik pada hari Jumat.

"Kami terima kasih banyak pak, sudah memimpin Purworejo ini dengan hebat. Mengawali dan mengakhiri di hari Jumat, Insya Allah akan khusnul khotimah," ujar Ganjar.

Mengenai sholat minta hujan, ia mendukung rakyat untuk terus meminta. Baginya, usaha spiritual penting untuk memperlihatkan bahwa Indonesia adalah negara yang menghormati Tuhan YME.

"Yang usaha secara fisik minta hujan sudah dilakukan. Kini ganti yang spiritual. Mudah-mudahan cepat dikabulkan," tambah pria 47 tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com