Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Lampung Barat Minta Warga Hanya Suguhkan Kopi untuk Para Tamu

Kompas.com - 16/09/2015, 18:09 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

LAMPUNG BARAT, KOMPAS.com — Dalam upaya mengenalkan kopi robusta pada dunia, Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri melarang warganya menyuguhkan minuman lain kecuali kopi untuk tamu yang datang ke daerah tersebut.

"Kita ini adalah daerah penghasil kopi robusta terbesar secara nasional, kalau bisa jangan suguhkan apa pun selain kopi pada tamu yang datang," kata Mukhlis dalam kegiatan Liwa Festival Kopi di Pekon Semarang Jaya, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat, Rabu (16/9/2015). 

Mukhlis meyakinkan agar warga tak terlalu mengkhawatirkan munculnya penyakit mag akibat terlalu sering minum kopi. "Nikmatnya minum kopi saat hangat, apalagi udara di Lampung Barat dingin. Minum kopi tak akan membuat mag kambuh asal minumnya saat masih panas," ujar dia.

Pernyataan Bupati itu disambut tawa peserta penyangrai kopi di atas 1.000 tungku yang sebagian besar adalah petani perempuan. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian perayaan HUT ke-24 Kabupaten Lampung Barat.

Sementara itu, Festival Kopi Liwa yang menyuguhkan kegiatan menyangrai kopi 1.000 tungku itu berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dengan total peserta 1.049 orang.   

"Penyangraian kopi ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya dari Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Saat itu mereka berhasil dengan sebanyak 735 peserta," kata Manajer Muri, Awan Rahargo.

Menurut dia, pengelola Festival Kopi Liwa awalnya mendaftarkan sebanyak 1.000 orang peserta, tetapi pada realisasinya terdata 1.049 peserta. "Kegiatan ini merupakan kriteria superlatif di mana dinilai dari banyaknya jumlah peserta," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com