Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Penghentian Kompetisi, Bonek Main Bola di Jalan Protokol

Kompas.com - 26/04/2015, 17:36 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Para suporter Persebaya Surabaya atau yang biasa disebut "bonek" menggelar aksi bermain sepak bola di jalan protokol di ibu kota Provinsi Jawa Timur itu, Minggu (26/4/2015).

Aksi itu mereka lakukan sebagai bentuk protes karena Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menghentikan lanjuta kompetisi Liga Indonesia.

Mereka bermain bola di tengah Jalan Raya Darmo, pada Minggu sore. Sebagian bonek bermain bola, dan sebagian lagi hanya duduk di trotoar sambil membawa spanduk protes. Jalan utama kota itu pun diblokade, dan sempat menimbulkan kemacetan hingga puluhan meter.

Menurut Syaikoni, salah satu suporter, aksi itu sebagai bentuk protes terhadap Menpora dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang membekukan kegiatan PSSI sehingga Persebaya yang tidak bisa bertanding.

"Kami hanya bisa menonton bola. Kalau sepak bola dibekukan, terus apa yang kami tonton," katanya.

Dalam aksi itu, ternyata tidak hanya Bonek yang bermain bola di jalanan. Beberapa pemain Persebaya seperti, Hendri Pitoy dan Ilham Udin dan pelatih Persebaya Surabaya, Ibnu Graham ikut bermain bola di jalanan.

Laga lanjutan liga Indonesia antara Persebaya dan Persiba Balikpapan, harusnya sore ini digelar di Gelora Bung Tomo Surabaya. Namun karena Menpora membekukan kegiatan PSSI, otomatis kompetisi liga Indonesia pun dihentikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com