Atas Permintaan Warga Bandung, Jalan Asia Afrika Ditutup sampai Pagi - Kompas.com

Atas Permintaan Warga Bandung, Jalan Asia Afrika Ditutup sampai Pagi

Kontributor Bandung, Rio Kuswandi
Kompas.com - 24/04/2015, 23:13 WIB
KOMPAS.com/Rio Kuswandi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (memakai sepeda warna biru), saat melintas di Jalan Asia Afrika

BANDUNG, KOMPAS.com - Rangkaian acara Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke - 60 di Bandung, Jawa Barat, yang berpusat di Jalan Asia Afrika sudah selesai. Para kepala negara dan ratusan tamu negara sejak pukul 16.00 WIB sebagian besar sudah meninggalkan Kota Bandung.

Presiden Joko Widodo juga sudah terbang ke Jakarta. Semula, kepolisian merencanakan pembukaan Jalan Asia Afrika pada pukul 18.00 WIB. Namun, kini polisi masih menutup Jalan Asia Afrika itu.

"Jalan Asia Afrika sampai malam ini masih kita tutup. Tadinya memang mau dibuka tadi sore," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Komisaris Besar Djoko Rudi saat dihubungi, Jumat, (24/4/2015) malam.

Namun, pembukaan jalur kendaraan di Asia Afrika terpaksa diundur karena permintaan dari warga Bandung. Jika tanpa kendaraan yang melintas, salah satu jalan protokol di ibu kota Jawa Barat itu memang lebih leluasa. Warga masih mau menikmati indahnya suasana kota yang dalam waktu singkat ini 'disulap' oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Jadi ini (masih ditutupnya Jalan Asia Afrika) karena adanya permintaan dari masyarakat. Masyarakat masih ingin berkunjung dan menikmati suasana di Jalan Asia Afrika," kata Djoko.

Akhirnya diputuskan, untuk pembukaan Jalan Asia Afrika dan sekitarnya, akan dibuka besok. "Jadi Jalan Asia Afrika mulai dibuka besok pagi pukul 06.00 WIB," kata Djoko.

Sementara itu, sejumlah ruas jalan yang sebelumnya ditutup, yakni Jalan Naripan, Jalan Tamblong, Jalan Lembong, Jalan Dalem Kaum sudah dibuka. "Masyarakat bisa melintas seperti biasa," kata dia.

Pantauan Kompas.com, hingga malam ini Jalan Asia Afrika masih dipadati pengunjung. Mulai balita hingga lansia tak bosan-bosannya mengunjungi kawasan Jalan Asia Afrika ini. Mereka berfoto bersama, banyak juga yang selfie, terutama di depan Gedung Merdeka, Alun-Alun Bandung dan di depan Monumen Solidaritas Asia Afrika yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, mereka juga tampak duduk di bangku-bangku pinggir Jalan Asia Afrika sambil senda-gurau dan bercerita.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Bandung, Rio Kuswandi
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X