Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo: Tiga Ketua DPC Demokrat Jatim Dicopot atas Usulan Anak Cabang

Kompas.com - 22/04/2015, 13:00 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo, membenarkan informasi pencopotan tiga ketua DPC Partai Demokrat di daerahnya (baca selengkapnya: Dinilai Cacat Moral, Tiga Ketua DPC Demokrat di Jatim Dipecat). Dia mengatakan, pencopotan itu sesuai aspirasi pengurus Pengurus Anak Cabang (PAC) di bawahnya.

"90 persen PAC meminta mereka dicopot dan tidak bisa lagi didamaikan sehingga sesuai aturan partai harus diangkat pelaksana tugas. Keputusan ini sudah final berdasarkan ketentuan partai," katanya, Rabu (22/4/2015).

Pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Jatim ini mengatakan, beragam masalah memang meliputi tiga DPC itu. Di DPC Kota Pasuruan misalnya, kepengurusannya tidak bekerja sehingga tidak mendapatkan satu kursi pun saat pileg lalu.

"Justru ini langkah penyelamatan partai," jelasnya.

Soekarwo meminta ketiganya menghormati keputusan partai. Partai Demokrat, lanjutnya, juga akan menghormati langkah hukum yang dilakukan ketiga kader partai Demokrat tersebut.

Tiga ketua DPC Partai Demokrat yang dicopot tersebut adalah Ketua DPC Kota Pasuruan Dendy Kukuh Santoso, Ketua DPC Surabaya Dadik Risdaryanto dan Ketua DPC Nganjuk Basuki.

Pencopotan ketiganya melalui SK yang ditandatangani Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan, dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Ketiganya beserta sejumlah Ketua DPC dari daerah lain mensomasi Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Mereka menilai, pencopotan itu dilakukan sepihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com