Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Nelayan di Kotabaru, Jokowi Bikin Kuis Berhadiah Sepeda

Kompas.com - 15/12/2014, 15:23 WIB
Suhartono

Penulis

KOTABARU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sepeda kepada nelayan dan anak-anak nelayan, dalam salah satu bagian kunjungan kerjanya di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin (15/12/2014). Presiden hadir di Kotabaru dalam rangkaian Hari Nusantara Tingkat Nasional ke-14.

Namun, sepeda tidak diberikan secara gratis. Nelayan, pelajar, dan anak-anak nelayan yang maju dan ingin mendapatkan sepeda harus menjawab pertanyaan Presiden terkait masalah kelautan dan perikanan.

Saat menyampaikan sambutan yang dibarengi dengan dialog bersama nelayan di lokasi acara di Pantai Siring Laut, Kotabaru, Presiden meminta perwakilan nelayan dan pelajar ke depan. Presiden lalu kemudian mengajukan pertanyaan.

"Namanya siapa?" tanya Presiden ke Ibrahimsyah, nelayan Kotabaru yang maju.
"Coba sebutkan lima nama ikan di lautan. Loh, kok, lama menjawabnya. Bapak ini nelayan atau bukan? Kalau nelayan pasti cepat menyebutkan nama-nama ikan," kata Jokowi saat nelayan bernama Ibrahimsyah terlihat gugup menjawab.
Karena baru ada tiga jenis ikan yang disebut, Presiden mendesak lagi.
"Ayo, katanya nelayan," tambahnya seraya tertawa.

Saat Ibrahimsyah menyebutkan nama ikan dalam bahasa daerah, Presidan kemudian mengonfirmasi kepada Bupati Kotabaru Iharmi Ridjani.
"Benar pak, ada ikan itu?" tanya Presiden.
Setelah benar, Presiden minta Ibrahimsyah mengambil sepeda yang sudah disiapkan.

Saat ditanya Kompas, Ibrahimsya mengaku senang dan bangga mendapat hadiah sepeda dari Presiden RI. "Ini untuk cucu saya," tutur dia.

Demikian juga saat seorang pelajar putri maju ingin mendapat sepeda. Setelah lancar menyebutkan potensi sumber daya alam yang ada di lautan, Presiden langsung meminta dia mengambil sepeda.

Di kampung nelayan Desa Margahayu, Kota Baru, Presiden juga membagi-bagikan sepeda balap. Namun, kali ini Presiden memanggil anak-anak nelayan yang berani maju bertemu Presiden. Total ada 10 sepeda yang dibagikan Presiden kepada nelayan, pelajar dan anak-anak nelayan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com