Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pahlawan, Ratusan Siswa Punguti Sampah di Bantaran Sungai

Kompas.com - 10/11/2014, 10:23 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) III Jember, Jawa Timur, Senin (10/11/2014), menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di bantaran Sungai Bedadung, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates.

Usai menggelar upacara, mereka melakukan aksi sosial dengan mengangkat sampah yang mengotori bantaran dan aliran Sungai Bedadung. “Kita ingin memberikan teladan kepada siswa, bahwa jiwa seorang pahlawan adalah yang bisa berbuat kebaikan, meskipun itu tindakan kecil. Nah, kita hari ini mengajak siswa untuk turun langsung ke sungai, untuk memilih sampah di sepanjang aliran Sungai Bedadung,” ujar Kepala SMKN III Jember, Suprihartono.

Apalagi, lanjut dia, saat ini jiwa nasionalisme generasi penerus sudah mulai menepis. Sehingga perlu diberikan keteladanan tentang sifat-sifat pahlawan. “Kita ajak mereka untuk menjadi pahlawan lingkungan, sehingga diharapkan mereka juga akan melakukan hal yang sama di lingkungan sekitarnya,” kata dia.

Salah satu siswa, Kinanti, mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. “Senang sekali bisa langsung meledani sifat pahlawan, meskipun kita aksinya hanya dengan memilih sampah. Paling tidak, kita bisa belajar bagaimana menjaga kebersihan lingkungan,” kata dia.

Siswa lainnya, Frida, berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama di aliran sungai. “Nanti kalau hujan deras, lalu terjadi banjir siapa yang salah. Jadi, ayo kita jaga lingkungan kita, agar tidak terjadi banjir,” ujar Frida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com